Selasa, 22 Desember 2009

Usaha Katering

Bisnis catering sepertinya tidak mengenal kata bangkrut karena selalu saja banyak yang mencari. Adapun catering merupakan usaha makanan yang bisa dipanggil pada berbagai acara antara lain pesta perkawinan, seminar, ulang tahun dan lain sebagainya. Kegiatan yang disebutkan tadi tentunya membutuhkan adanya konsumsi dan biasanya penyelenggara acara emnyewa catering untuk menyiapkan makanan dalam jumlah tertentu.

Bisnis catering akan semakin sukses bila memperhatikan kebutuhan konsumen, menampilkan makanan yang bersih (higienis) dan tentunya bila kita mampu memuaskan konsumen dengan aneka rasa makanan yang ditawarkan oleh catering

Usaha catering sebetulnya merupakan usaha yang tidak bisa dikerjakan sendiri dan bila anda ingin memulainya, anda harus menyiapkan staff yang cukup banyak antara lain untuk memasak, transportasi bahkan ada yang merangkap dekorasi! Bila anda memang serius untuk membuka usaha katering, mengapa tidak anda merencakan dari sekarang.

Untuk klien atau konsumen, sebetulnya kita bisa mencari sendiri dengan menyiapkan dana untuk promosi dan membuat peralatan seperti spanduk, leaflet dan bisa saja untuk langkah pertama anda menginformasikan rekan anda, sahabat dan keluarga tentang usaha anda ini.

Untuk memulai saya kira anda perlu menentukan jenis makanan apakah yang anda akan hidangkan nantinya. Lihat pula persaingan dari katering lain bila perlu anda membandingkan dengan mencicipi makanan mereka. Trend konsumen juga saya kira menentukan misalnya di event hajatan yang mungkin paling laku adalah roast beef atau fish and chips dan tentu saja favorit anak2 biasanya mencari es krim.

Setelah menentukan jenis makanan, anda perlu menyiapkan tenaga kerja yang handal. Bisa saja anda merekrut pekerja yang sudah pengalaman namun tidak tertutup kemungkinan anda juga merekrut tenaga kerja yang belum berpengalaman. Saya kira penilaian utama dari perekrutan adalah, tenaga kerja yang bersangkutan haruslah rajin dan jujur dan juga dapat anda kendalikan. Berikanlah mereka kontrak kerja yang jelas sehingga mereka betah bekerja pada anda.

SSebetulnya bisnis ini persaingannya tinggi namun bila anda didukung oleh pegawai dan staff yang kompak maka saya yakin anda dapat sukses!

Tertarik membuka usaha katering?

Related posts:

  1. memulai usaha makanan
  2. Modal Usaha
  3. Ide Bisnis Usaha Kursus Masak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar