Selasa, 22 Desember 2009

Usaha Pengetikan dan Komputer

Memulai usaha jasa pengetikan

MENGAPA
Beberapa alasan dapat menjadi jawaban untuk memulai usaha ini. Seperti: tidak semua orang memiliki mesin ketik apalagi komputer. Bila pun memiliki, tidak semua orang memiliki cukup waktu mengerjakannya. Kebutuhan pengetikan dokumen terjadi hampir setiap hari. Ketrampilan dan besarnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini relatif mudah dan terjangkau.
BAGAIMANA
Siapkan kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan: 1 set komputer, 1 set printer, plang nama/neon box, kertas HVS, buku catatan transaksi. Bila modal untuk kebutuhan komputer juga belum tersedia, masih bisa disiasati dengan pergi ke tempat rental komputer untuk menyelesaikan order.
PERKIRAAN ANGGARAN

Perangkat komputer built up 1 set Pentium II kondisi second, sekitar 1 juta; ditambah 1 set printer 250 ribu; kertas HVS dan alat administrasi 100 ribu. Plang nama 50 ribu. Perkiraan total anggaran dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar 1,5 juta rupiah.
AYO MULAI
Buat promosi kecil, bisa dengan menyebarkan brosur, pamflet, menempel poster promosi di tempat-tempat umum, membagi kartu nama, memasang neon box di depan lokasi usaha.
TIPS
Karena ini termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Ini bisa membantu membangun citra/image positif bagi usaha yang sedang dirintis. Pahami dengan jelas "apa sebenarnya yang dikehendaki pelanggan", tentang outputnya. Konfirmasikan detil order yang diterima, untuk mengurangi resiko kesalahpahaman, sebelum memulai mengerjakan order ketikan. Usahakan penyelesaian order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila "kebanjiran" order, kurangi resiko dengan menolak order melebihi kemampuan beban kerja; atau bila memungkinkan, cari SDM instan baru (kerabat, sanak family, teman, dsb) untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah. Buatlah kebijakan penetapan harga yang kompetitif, dapat bersaing dengan pelaku usaha lain dengan jenis serupa. Misal untuk saat sekarang, biaya jasa pengetikan dokumen standar (kertas ukuran A4, margin 4-4-3-3 cm, ukuran huruf 12 point, spasi 1.5) = Rp 1000 /lembar halaman jadi, dokumen tabel = Rp 1500 /lembar halaman jadi, dsb.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !

4 komentar:

  1. makasih mas..saya ada rencana buka usaha pengetikan..biasa nya dalam usaha jasa juga ada bantu kerja...kira2 berapa yh untk gaji karyawan ku...saat ini saya bekerja rental komputer bagian pengetikan...

    BalasHapus
  2. haha saya salah satu diantaranya bang, link ke blog saya yah
    rental-sukses.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Untuk usaha rental / pengetikan komputer, usahakan hal-hal sebagai berikut :
    - Terima order sesuai kemampuan personil
    - Order selesai sesuai dengan pesanan konsumen
    - Pengelola setidaknya memiliki kemampuan Office & Tehnik Komputer, untuk mengatasi masalah yang timbul yang dapat menghambat pekerjaan
    - Untuk konsumen pelajar usahakan memberitahukan prediksi biaya supaya menyesuaikan kemampuan konsumen.
    - Usahakan memberitahukan biaya order sebelum menerima order untuk menghindari kesalahpahaman.

    http://tangnett.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Kalau mau bantuin kerjanya, ada gak orang yg mau nerima, Mas? tapi saya kerjanya online, alias saya kirim hasilnya via email atau ke sebuah hosting pribadi untuk kemudian di unggah.. Ada gak ya yang mau nerima??

    BalasHapus