Senin, 28 Desember 2009

Bisnis Internet 2010


Peluang Bisnis Internet 2010 Semakin CerahSaya percaya 100% bisnis internet tahun 2010 berprospek sangat baik. Seperti sedikit saya singgung dalam posting Bagaimana Peluang Bisnis Internet Tahun 2010 bisnis internet tahun 2010 akan cerah. Pertumbuhan bisnis internet dan penggunanya akan meningkat dengan sangat menjanjikan.
Secerah apa peluang bisnis internet 2010?

Yang jelas, saya yakin pertumbuhan bisnis internet bisa lebih baik dibandingkan kondisi tahun 2009 ini. Paling rendah, bisnis internet bisa tumbuh sekitar 50 persennya dibandingkan dengan tahun 2009 ini.
Apa yang membuat saya seyakin ini?
1. Pengguna internet pasti meningkat.
Kalau di tahun 2009 lalu jumlah pengakses internet kira-kira mencapai 30 juta dengan rata -rata pertumbuhan pengguna internet di atas 10 persen, kalau dengan pertumbuhan serupa maka minimal jumlah pengguna internet tahun depan mencapai sekitar 35 juta sampai 40 juta pengguna.
Mengapa saya katakan minimal?
Karena ada dua hal:
  • Infrastruktur jaringan internet yang pastinya lebih baik. Jaringan yang makin baik akan memperluas jangkauan akses internet hingga ke daerah-daerah.
  • Biaya akses internet yang makin murah. Kalau dulu waktu saya di awal-awal bisnis internet ini, dengan koneksi yang lambatnya minta ampun saya harus merogoh kocek sampai jutaan, sekarang dengan biaya yang jauh lebih murah bisa didapatkan akses internet dengan kualitas lebih baik.
    Dengan jaringan yang lebih luas serta biaya internet yang terjangkau, pastinya masyarakat akan berlomba-lomba memasang internet. Ke depan internet bukan lagi barang mewah tapi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.
2. Geliat bisnis internet makin kencang
Bukan hanya perorangan saja yang tertarik menggeluti bisnis ini, tapi perusahaan-perusahaan pun sudah berancang-ancang untuk masuk ke bisnis internet (dengan berbagai macam model bisnisnya) tahun 2010 nanti.

Peluang atau tantangan?

Bisa kedua-duanya. Sebab, di satu sisi channel-channel menghasilkan uang dari internet bakal bertambah. Artinya peluang mendapatkan uang lebih banyak semakin terbuka.
Tapi di sisi lain jika model bisnis internet yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan itu berkompetisi secara langsung dengan model bisnis yang anda tekuni, maka bersiap-siaplah untuk berkompetisi. Sekalipun di belakang mereka mungkin didukung oleh dana yang segunung, yang penting jangan menyerah. Terapkan blue ocean strategy. Buat persaingan menjadi tidak relevan lagi.
Pasar yang terus tumbuh disertai dengan makin banyaknya pebisnis internet yang muncul dan mengisi atau bahkan menumbuhkan sumber penghasilan online baru akan membuat marak bisnis internet Indonesia.

Apa saja bisnis internet yang bakal menjadi primadona tahun 2010 nanti?

  • Periklanan masih lumayan. Bila dilihat peningkatan iklan online dari tahun ke tahun, periklanan akan menjadi salah satu penopang tumbuhnya bisnis internet.
    Bermunculannya penyelenggara iklan maupun penerbit iklan yang semakin meningkat akan membuat para pengiklan lebih leluasa untuk memilih tempat iklannya.
  • Produk informasi. Bagi yang menginginkan menghasilkan pendapatan online secara signifikan, bisnis internet model produk informasi jadi pilihan tepat. Dengan biaya investasi yang relatif rendah, produk informasi menjanjikan tingkat pengembalian investasi yang sangat cepat. Tren bisnis informasi di tingkat dunia pun terus mengalami perkembangan pesat. Bahkan, salah satu tonggak kemapanan bisnis internet model produk informasi ini dibuktikan dengan adanya pebisnis internet yang perusahaannya masuk dalam jajaran 500 perusahaan berkembang paling cepat di Amerika. Kalau begitu, apa masih ada yang meragukan model bisnis yang diajarkan dalam 3 langkah SMUO?
  • Affiliate program. Model bisnis yang termasuk paling tua di internet ini masih bisa sangat diandalkan. Sebab, selain adanya banyak pilihan afiliasi, aturan dari merchant sangat fleksibel. Komisi yang ditawarkan pun sangat menguntungkan affiliate.
  • Social media. Khususnya social networking seperti Facebook masih akan menikmati masa-masa emasnya. Seiring jumlah pengguna yang terus meningkat, para pemilik social media akan memaksimalkan monetisasi yang dilakukan.
Di luar itu, beberapa peluang menghasilkan uang dari internet akan datang dari:
  • SEO. Kontes-kontes SEO diprediksi masih akan membanjiri tahun 2010 nanti. Kenapa? Karena para penyelenggara SEO kontes bisa menangguk keuntungan yang tidak sedikit dengan biaya kontes yang relatif rendah. Kalau dikelola secara baik, kontes SEO yang diadakan bisa menghasilkan efek buzz marketing yang dahsyat. Bukan saja efeknya berhubungan langsung dengan penjualan, tapi juga peningkatan value bisnis.
  • Paid review. Dengan semakin membaiknya perekonomian dunia, layanan paid review yang sempat mengalami guncangan akan kembali membaik. Artinya, job dari paid review akan membanjir di tahun 2010 nanti.

Bagaimana situasi bisnis internet 2010 dan bagaimana strategi yang perlu anda persiapkan?

Seperti sedikit saya singgung Yang jelas bisnis internet akan lebih ramai dan semarak. Kurang lebih mungkin semaraknya bisnis internet akan seperti pada puncak "bisnis dot com" pada 1998 sampai 2000, dimana setiap orang sangat bergairah untuk terjun atau terlibat di bisnis internet. Ditambah dengan akan membaiknya ekonomi dunia pada 2010 setelah diterpa krisis ekonomi pada 2009, akan membantu peningkatan pertumbuhan bisnis internet.
Bagaimana strategi menghadapi bisnis internet 2010?
  • Perencanaan bisnis yang matang. Bisnis internet seperti bisnis-bisnis lainnya juga membutuhkan rencana yang mantap. Kemantapan perencanaan itu bukan saja di awal memulai bisnis internet tapi juga ketika bisnis internet sudah berjalan. Keberanian untuk memunculkan ide-ide baru akan menjadi poin penting untuk menegaskan brand bisnis anda.
  • Marketing in ACTION. Kecepatan dan ketepatan dalam melakukan ACTION marketing sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya bisnis internet anda. Ketika pesan marketing anda sudah menjalar kemana-mana dan sampai ke target market yang tepat, hasilnya pasti bisnis internet anda meledak.
  • Layanan optimal. Pada akhirnya bisnis internet tidak lagi pada soal produk, tapi pada bagaimana anda melayani. Maksud saya bukan berarti produk tidak penting. Produk yang bagus tetap penting, tapi jauh lebih penting lagi bagaimana cara anda melayani pelanggan. Pelayanan yang buruk mampu membenamkan kecemerlangan produk anda. Sebaliknya, pelayanan yang baik akan mampu membuat produk anda ikut menjulang. Cari selalu cara untuk mempermudah pelanggan berhubungan dengan anda.
  • Komunitas. Merawat komunitas bisnis internet, baik lewat blog maupun Facebook misalnya akan menjadi kunci untuk merekatkan dan menguatkan hubungan dengan konsumen.
Jadi secara keseluruhan tahun 2010 menjadi tahun yang semakin mantap bagi bisnis internet. Peningkatan konsumsi masyarakat juga akan terjadi pada peningkatan konsumsi di internet. Walhasil siapa yang tidak segera berinvestasi dan memulai bisnis internet kemungkinan besar hanya akan bisa gigit jari di akhir tahun 2010 nanti.
Bagaimana pendapat anda? Saya nantikan komentarnya…
Salam ACTION!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.

Related Posts:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar