Senin, 21 Desember 2009

Nasi Goreng Nano

 Sejarah Tukang Nasi Goreng

Ini dia yang namanya bang Nano, nama aslinya Muhammad Nano, usia 35 th. Dulunya bang Nano pernah kerja sebagai anak buah kapal dan bukan koki masak. Pendidikannya hingga Madrasah Tsanawiyah saja dan tidak punya latar pendidikan Memasak ataupun Tata Boga.

Nano sekarang berprofesi sebagai pedagang nasi goreng keliling yang beroperasi di daerah Perumahan Bintara 13 saja. Hampir semua warga Bintara 13 mengenal nasi goreng Nano dan sekarang masakannya menjadi terkenal nasi goreng di perumahan. Kalau mau nasi goreng "telpon Nano". Tidak ada yang menyangka, bahkan Nano sendiri kalau Bumbu nasi gorengnya bisa digemari oleh banyak orang.

Dulunya Nano ikut usaha dengan orang lain, tapi setelah Nano ngumpulin modal dia bangun sendiri bisnisnya. Jaman seperti sekarang ini, memiliki sebuah usaha lebih baik dengan modal yang kecil tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang besar. kita bisa bayangkan seorang pedagang nasi goreng keliling bisa menjual 50 porsi perhari.

Bagaimana Masa Depan Bisnis Kuliner Nasi Goreng!

Pengalaman adalah Guru yang baik! Dari pengalaman Nano, pendapat orang kalau bisnis kuliner nasi goreng adalah bisnis yang tidak pernah ada matinya memang benar. Setiap waktu bisnis kuliner jenis ini terus berkembang. Tidak hanya itu saja, dari bahannya saja sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Nasi sebagai kebutuhan pokok orang Indonesia umumnya, jadi sudah pasti semua variasi masakan yang berhubungan dengan nasi akan menjadi bisnis yang paling subur. Kedepan bisnis ini akan menjadi salah satu bisnis abadi dan tidak akan pernah surut dimakan waktu.

2.2 Perkembangan Tukang Nasi Goreng

Saat ini semakin banyak orang yang berminat untuk memiliki bisnis sendiri. Tidak terkecuali orang yang sudah memiliki pekerjaan sekalipun, masih selalu mencari peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Bagaimana bentuk bisnisnya, biasanya bisnis yang dilakukan tidak terlalu memakan energi yang besar, yang penting dapat memberikan keuntungan dan penghasilan tambahan yang memuaskan hati setiap bulannya. Nano memberikan sebuah solusi alternatif untuk berbisnis nasi goreng.

Banyak sekali orang-orang harus berpikir keras dan memutar otaknya untuk menentukan dan menemukan jenis usaha apa yang akan menjadi pilihannya. Mereka banyak alternatif dan pilihan yang bisa dipilih sebagai usahanya, akan tetapi semua buntu karena tidak tahu bagaimana cara. Akhirnya usaha itu terhenti dan buntu.

Sebenarnya bisnis kuliner nasi goreng salah satu peluang bisnis yang tidak pernah ada matinya. Bahkan mungkin setiap hari kita bisa dengan mudah menemukan masakan jenis ini baik siang maupun malam baik di lingkungan rumah atau kampus. Namun ironisnya peluang seperti ini luput dari incaran bisnis setiap orang. Entah apa itu alasannya, bisa malu atau tidak punya kemampuan memasak nasi goreng. Akhirnya, peluang bisnis yang bisa menghasilkan uang itu berlalu begitu saja. Hal yang menyedihkan, bisnis nasi goreng ini justru identik hanya untuk pedagang keliling saja, padahal tidak sama sekali.

Hal ini yang sebenarnya ingin disampaikan oleh Nano dalam buku Resep Bisnis penjual nasi goreng. Semua orang Bisa Masak Nasi Goreng Nano.Buku ini ingin menunjukkan bahwa peluang berbisnis dan berinvestasi nasi goreng sesungguhnya belum menemukan pasar yang jenuh dan masih sangat terbuka lebar, baik dengan berkeliling ataupun mangkal.

Tidak hanya itu saja, dalam buku ini disampaikan bahwa dari hal yang bisa dibilang kecil bahkan sepele, ternyata dapat dimulai sebuah usaha kuliner nasi goreng yang hasilnya tidak dibilang kecil. Kurang lebih Rp. 350.000,- per malam, untuk se-level pedagang nasi goreng keliling menurut saya bukan hal yang kecil. Gaji PNS saja tidak sebasar itu semalamnya. Hanya dengan bermodalkan uang Rp. 3.000.000,- saja sudah bisa menjalankan usaha kuliner nasi goreng dengan omset yang bisa dibilang lumayan besar.

Menariknya, dalam buku ini dibahas bagaimana membuat bumbu nasi goreng yang menjadi favorit warga Bintara 13, dan warga sekitarnya. Selain itu dibahas juga analisis eknonomi dan ilustrasi biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang didapat. Tujuannya agar pembaca mudah mengukur dan mendapatkan gambaran dari bisnis nasi goreng yang akan dijalankan. Bisnis Nasi goreng Nano Siapapun dapat melakukannnya, tergantung kemauan dan isi modal tentunya.

Dalam masalah lapak penjualan, penjual nasi goreng pinggir jalan kadang mereka menggunakan gerobak/tempat seadanya, dengan gambar dan tulisan yang mencolok atau dengan tambahan attribut kampanye yang digunakan untuk pelindung dari debu ataupun untuk menjadi payung buat nggak kepanasan. Yang kadang juga membuat kita tertarik untuk datang dan sekedar mencoba. Tapi bila si penjual sedikit jorok akan membuat kita menjauhi dan tidak akan mencoba sama sekali. Dan semua transaksi, kesenangan, complain, tips semuanya diberikan langsung ke si mas/mbak yang menjual, komunikasi berjalan langsung tanpa perlu confirmasi ke kanan dan kiri.

Tapi hal tersebut berbeda dengan penjual nasi goreng yang berada di pusat perbelanjaan, si pemilik mendesign tempatnya sedemikian rupa dengan design yang cukup wah, enak dipandang dan membuat orang ingin datang untuk mencoba. Semua hal di delegasikan ke dalam sebuah struktur organisasi yang jelas, dari mulai yang memasak, melayani sampai yang menyusun. Bila kita ingin complaint kita bisa langsung ke manager, dan si pemilih hanya muncul bila memang sangat dibutuhkan, waktu berkunjung pun telah di batasi untuk waktu jam kerja teretentu sehingga orang tahu kapan datang dan kapan pulang.

Untuk masalah rasa dan hasil sebenernya tergantung dari selera, tapi sebuah  rasa pastinya tidak bisa dibohongin. Bila si tukang nasi goreng bang Nano jualan nasi goreng itu enak maka kita akan menjadi salah satu pelanggan tetapnya, walaupun terkadang sulit untuk diketahui kapan si penjual datang dan bagaimana menghubunginnya, bila dia sakit siapa yang akan menjual dagangan dia. Berbeda dengan si penjual di mall apapun rasanya selama dia masih dalam hitungan standar dilidah dan masih bisa dinikmatin mungkin cukup untuk membuat orang kembali dan datang, dan pastinya dengan kemasan dan berbagai macam pilihan makanan. Selain itu karena memiliki struktur organisasi yang jelas maka walaupun si pemilik sakit lapak akan tetap dibuka.

Untuk masalah harga jangan di tanya, pusat perbelanjaan di mall mematok harga cukup tinggi, karena mereka memiliki banyak biaya yang mesti di tanggung, berbeda dengan si penjual keliling, dia hanya menanggung biaya yang cukup kecil untuk dirinya sendiri dan bahan yang digunakan untuk membuat nasi gorent jadi harga sesuai dengan keadaan serta modal yang ditanamkan.

Lika-liku Bisnis Pedagang Nasi Goreng!

Usaha ini sudah tidak asing lagi, bahkan Anda sering menemukannya dimana-mana. Hasil survey membuktikan jenis usaha ini dan nasi gorengnya sendiri termasuk jenis usaha dan masakan yang tidak pernah ada matinya dan sangat diminati orang Bekasi. Jenis masakan yang bisa dimodifikasi dari resep dan bumbu nasi goreng Nano, dapat menjadi beberapa macam masakan yang sejenis.

Lebih menguntungkannya lagi, semua bahan bumbunya mudah didapat di pasar-pasar dan supermarket di Bekasi. Nano menggunakan alat-alat yang sederhana, bahkan ada salah satu alat memasaknya menggunakan teknologi tradisional dan setiap ibu-ibu rumah tangga punya peralatan memasak nasi goreng.

Jelasnya semua lika-liku bisnis nasi goreng akan dijawab oleh Nano sendiri dalam sebuah paket informasi yang sudah dirancang dan dikemas dengan baik, lengkap, dan mudah dipahami.Kebanyakan orang menganggap bisnis kuliner ini menyulitkan, padahal bisnis ini bisa dijadikan bisnis yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan untuk Anda.

Cara – Cara membuat nasi goreng yang enak dan lezat :

  1. Peralatannya sederhana, siapapun anda akan bisa mempersiapkannya dengan mudah. Semua persiapan peralatan dari alat berat hingga kecil dijamin anda akan bisa.
  2. Kemampuan untuk mempersiapkan bahan nasi goreng tidak memerlukan kemampuan food checker yang hebat, semua akan dibahas dengan rinci bahan yang dibutuhkan hingga bagaimana memperolehnya
  3. Dengan menggunakan teknologi peralatan memasak tradisional, anda akan dipandu untuk membuat bumbu rahasia ini. Bumbu rahasia Nano sebagai andalan dari bumbu nasi goreng Nano akan diberikan untuk anda, sederhana, mudah, dan pasti anda bisa.
  4. Cara ini sangat perlu diketahui, karena disinilah awal dari dapur kuliner nasi goreng. Persiapan memasak dari mulai menyiapkan bumbu hingga siap berdagang akan dipandu langsung oleh Nano dan yang terpenting semuanya menggunakan teknologi memasak yang mudah dan cocok bagi anda yang akan memulai bisnis kuliner nasi goreng.
  5. Anda tidak perlu khawatir kalau tidak bisa membuat Gerobak dan tempat usaha, semua teknik membuat grobak, baik gerobak keliling atau dapur kecil untuk usaha nasi goreng ini akan di bahas dengan lengkap dan jelas.
  6. Tidak peduli seberapa kepandaian anda dalam masalah Tata Boga, dijamin anda bisa menata bahan dengan tampilan yang bisa menarik pembeli agar mereka mau mencoba masakan anda nantinya.
  7. Tidak peduli seberapa banyak pengalaman anda dalam teknis masak memasak, dijamin anda bisa memasak nasi goreng dan semua jenis menu yang bisa menggunakan bumbu nasi goreng Nano Anda akan bisa memasak Nasi goreng (sudah pasti), mie goreng, bihun goreng, kwetiau goreng, dan lain-lain. Satu Bumbu untuk semua.
  8. Anda akan dipandu bagaimana menjalankan usaha nasi goreng dengan memperhatikan aspek ekonomi dan bisnis usaha kuliner nasi goreng.

9.  Semua cara membuka usaha di rumah anda sendiri juga bisa. anda juga akan diberikan materi untuk menganalisa usaha dalam segi keuangan, modal, dan bagaimana cara menghitung pengembalian modalnya akan diuraikan dengan lengkap.

10.Tidak masalah seberapa banyak pengalaman anda dalam berpromosi dan kemampuan berdagang anda, anda akan bisa menjual 50 porsi. Tidak hanya itu saja, akan diberikan cara bagaimana mempertahankan kualitas nasi goreng, rasanya, juga trik mempertahankan dan menjaga hubungan dengan para pelanggan.

1 komentar: