Senin, 28 Desember 2009

Daftar 100 Tempat Makan di Jakarta --> Ide Bisnis

100 Tempat Makan Populer di Jakarta (tahun 2008)
1. Gado-gado Bonbin
Jalan Cikini
IV No. 5, Jakpus
Telp 021 3141539
Resep olahan Oma sejak 1960 : irisan lontong, potongan
kol, bayam rebus, tahu, toge serta separuh telur rebus. Lantas disiram dengan
saus kacang yang pekat dan ditaburi emping melinjo serta krupuk udang ukuran
besar.Menu lain, cendol dan asinan betawi.
2. Cilantro Asian
Bistro & Lounge
Level 46, Wisma 46KotaBNI, Jl Jend. Sudirman Kav. 1, Jkt
Telp 021 2512822
Asal tidak takut ketinggian, bisa menyantap tom yam goong sembari dikelilingi suasana Jkt yang terletak 200 meter di bawah.

Nikmati juga menu Thailand poo op modin, serta dim sum di pagi hari atau menu High Tea yang cuma tersedia hari Senin
sampai Jumat, dari pk 14.00 sampai 18.00
3. Sate Maranggi Bu Yayah
Jalan Laboratorium
No. 3, Komp. PLN Duren Tiga, Jaksel
Telp 021 7944104
Menu utama, sate kambing dan sate sapi. Menu lain, oseng daun singkong, macam-macam pepes, sayur asem dan sop daging.Berbeda dengan versi aslinya di Plered, Purwakarta, penyegarnya memakai tomat danirisan bawang. Dagingnya empuk dan harum, saking empuknya seperti daging kambing muda, begitu pula aroma bumbunya juga harum.

4. Ayam Bakar Taliwang Bersaudara
Jl Panglima Polim IV No. 125, Jkt
Telp 021 7252863
Satu porsi ayam bakar taliwang berupa seekor ayam kampung utuh berukuran mini dengan bobot sekitar 300 sampai 400
gram saja, lebih dari itu, ayam akan terasa alot.Meskipun banyak menggunakan cabai, sentilan pedas ayam bakar ini lembut saja
terasa di lidah. Untuk penikmat pedas, ada ayam plecing, yang rasanya lebih pedas.Menu pengiring, plecing kangkung, yang kangkungnya didatangkan dari Lombok, serta menu beberuk terong, yang mirip karedok, juga ada menu sate pusut, sate khas Sasak, berupa campuran kelapa setengah tua dan daging serta dibumbui dengan kemiri,daun jeruk, cabai dan garam.
5.AyamTulangLunak
HayamWuruk
PondokIndahPlaza
I Blok UA No. 39.
Awalnya ada di kedai ayam tulang lunak di Jl Hayam Wuruk, Denpasar.Menu andalan sudah pasti ayam presto, selain ayam ada juga bebek dan bandeng presto. Kalau doyan ayam, pilih aja Ayam Goreng Crispy, Ayam Bakar atau Ayam Goreng Telur Asin. Jangan lupa, habisi pula tulang-tulangnya yang lunak digigit.
6. Bubur Kwang Tung,
Seafood ala Hongkong
Jl Pecenongan
Menu andalan, bubur kepiting. Bumbunya hanya pakai garam dan kecap asin, nggak pake merica dan micin. Ada menu yang
nggak terdaftar, tapi banyak dipesan, yaitu Kepiting Tumis Telur Asing, nah lu, kok bisa banyak yang tahu ya??? Padahal nggak
ada di daftar menu…..
7. Bakmi Mbah Mo
Jl Fatmawati
Merupakan waralaba bakmi jawa Mbah Mo, Bantul,Yogyakarta. Menu andalan, bakmi godog, dengan kuah yang kental dengan
campuran kemirinya sangat terasa,menjadikan kuah terasa lezat dan gurih. Minumnya…. .bisa pilih wedang jahe atau wedang ronde.
8.Warung Ayu
Taman Pura Aditya jaya,
Jl Daksinapati Raya No. 10, Rawamangun, Jaktim
Telp 021 47866963
Mencari masakan khas bali??? Nasi campur bali??? Cobalah sajian Pura Aditya Jaya
Ini. Ada tiga kios yang menjual masakan bali di halaman pura tsb, meski begitu kios milik I Gusti AyuTamanbisa menjadi pilihan.
Jika hari biasa orang datang ke warungnya untuk mencari babi panggang, pada hari Minggu menyediakan babi guling yang
disajikan utuh, kue-kue alaBalidan lawar merah. Menu pilihan lainnya yang bukan babi, adalah serombotan yang mirip
dengan urap, telengis atau pepes blondo, ayam sambal mentah, sayur nangka kuah serta sate lilit ikan.
9.RestoranCavana
PlazaSemanggi
Restoran waralaba berkonsep easy dining dengan menu andalan Classic Wings.
Ayamnya juicy, tidak kering. Menu ayamnya tidak hanya digoreng tapi bisa juga direbus, dipanggang, dengan aneka
pilihan bumbu seperti, bumbu thai, black pepper atau curry sweet and sour.
10. Kedai Tiga Nyonya
TIS Square,JlMTHaryono Kav. 8 Tebet,
Jaksel Telp 021 8308360
Rindu masakan rumahan yang rasanya tidak aneh-aneh??? Coba sambut tawaran menu dari Kedai Tiga Nyonya ini. Menu andalan adalah ikan bakar pecah kulitdengan pendamping kangkung belacan yang nikmat disantap dalam kondisi panas.Menu masakan rumahan yang lain, seperti ngoh hiang, nasi goreng belacan (terasi)atau soka salad mangga sebagai pemancing selera. Minumannya, ada beberapa pilihan seperti es kelapa muda sirsak, es lobi-lobi atau es cingteng yang merupakan paduan kurmaChina, lengkeng lotus ship dan ginkgo dicampur menjadi satu. Untuk dessertnya, boleh dicoba pisang bakar berbalut cokelat dan keju yang crispy atau esdurenmadurodam serta menu es krim jadoel beraneka rasa yang home made. Sambil bersantap nikmati juga koleksi barang antiknya, seperti foto tiga perempuan dalam kebaya China yang menjadi ikon kedai ini, ada juga cermin besar, batu giok sertapernik-pernik dekorasi lainnya.
11. Riung Sari
Jl Juanda, depan Kantor Sekretariat Negara.
Dari namanya, jelas restoran ini menghidangkan masakan Sunda. Dengan konsep front kitchen, menu andalannya adalah ikan
gurame bakar dan goreng, cumi bakar dan ayam bakar cabe hijau dengan sambel khas Riung Sari. Pas beruntung, bisa foto
bareng dengan artis Titi Kamal, si pemilik restoran ini.
12. Konopizza
Mal Kelapa Gading, Lantai Dua
Mau coba makan pizza yang mirip es krim contong???? Mampir aja ke Mal Kelapa Gading lantai dua!
Sepotong pizza tidak lagi disajikan di atas loyang dan harusdisantap sambil duduk
manis di samping meja. Sebaliknya adonan toping pizza ditempatkan di atas kulit roti yang mirip tempat es krim dan sudah bisa siap dengan waktulimamenit. Cocok untuk yang punya mobilitas tinggi.
13. The Affair
Apartemen Permata Hijau, Jakarta
Affair tak selalu berkonotasi negatif, apalagi jika melakukannya di sebuah restoran yang menyediakan koneksi internet gratis. Bahkan bisa bebas melakukan affair sambil menyantap ikan cod yang direndam dengan sake dan saus Jepang. Menu andalan, chillie cheese tomato toast panini, angel hair pasta with chillie, tobico and mirin, garlic potatoes with marjoram serta gindara with sake and soy.
14. Kopitiam
Lobby Tower Azalea, Apartemen Garden Mediterania Residence,
Tanjung Duren
Belum pernah menikmati sarapan dim sum siap saji dengan kemasan praktis????? Kedai kopi Oriental ini tampil beda dibandingkan dengan warung-warung berlabel Kopitiam di Singapura atauMalaysia. Menu dim sum merupakan menu andalan,menu tambahan, bubur telur pitan, nasi tim, hainan chicken rice sebagai menupenyeimbang. Tentu saja, bagi penggemar kopi masih bisa menikmati caffe latte,cappuccino, hot choco danblack coffe.
15. Sop Ikan Resto
Khas Batam Ruko
Jl Boulevard Raya Barat, Kelapa Gading
Restoran dengan gaya interior minimalis modern dan dapur terbuka ini menyajikan deretan menu khas Kepulauan Riau, antara lain, sop ikan, bawal teluk pulai steam atau goreng. Sop ikannya tidak amis, bahkan terasa manis, gurih dan asin, karena aroma rempah seperti jahe, serai dan kedelai yang ditumbuk halus plus ikan yang segar.
16.ThaiVillage,
SharksfinRestaurant
Sona
TopasTower, Lantai 21, Jl Jend. Sudirman Kav. 26
Telp 021 2500388
Penggila sirip ikan hiu pasti puas! Sirip ikan hiunya dihidangkan cukup besar, tidak diiris-iris seperti di restoran lain, disajikan dalam bentuk sop kuah kental, dicampur dengan kepiting, irisan cumi, ayam, kecambah besar serta daun ketumbar sebagai penyedap aroma. Ada dua jenis pilihan sambal, ada yang alaChinayaitu cabe dirajang plus kecap asin atau sambal ala Thai yang berwarna hijau muda dan berasa asem banget.
17.RestoranKyoka
BapindoPlazaLantai 27, Jl Jend. Sudirman
Menu unggulan adalah kaiseki ala raja Jepang tempo doeloe. Sebagai minuman pendamping, bukan sake,
tetapi shochu yang terbuat dari ubi fermentasi. Yang perlu diingat, penikmat hidangan kaiseki, harus meluangkan waktu cukup panjang, karenahidangan fine dining ini memakan waktu hingga empat jam untuk dinikmati. Selain kaiseki, maguro sushi (ikan tuna), toro sushi (ikan toro),CaliforniaRoll (nasi sushi ikan dibungkus rumput laut kering) dan chirasi sushi yang menggunakan ikura ( telur
ikan salmon) menjadi favorit pencicip yang mampir ke restoran ini.
18. Restoran Paparazzi
Plaza Indonesia, Lantai Dasar
Sepintas gaya dan konsep restoran ini, tak jauh beda dengan restoran Paprazzi di Kuta, Bali, yang mengarah pada konsep modernAustralia. Menunya, khas restoran di kawasan Sydney dan Melbourne, seperti risotto, steik dari beef tenderloin, portable mushroom risotto-grana- truffle oil, yakni nasi tim butiran besar khas Italia yang dihiasi dengan lembaran keju, atau mencicipi menu unggulan, parmesan crusted sole (ikan sebelah) yang dihidangkan bersama masakan daun bayam dan saus lemon. Jika doyan makanan pembuka jenis kuah atau krem, bisa pilih lobster isque fresh musselscrusty bread.
19. Restoran Takigawa
Jl Panglima Polim X No 10P, Melawai,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp 7265010
Penikmat kuliner yang selain ingin menikmati masakan khas Jepang juga ingin menikmati suasana musim gugur di Jepang, boleh mencoba restoran ini. Menu andalannya adalah kamameshi, nasi bakar Jepang yang berkerak. Beras Jepang yang dimasak dengan air kaldu ikan selama 20 menit diberi bubuk cabai kering Jepang, sehingga beraroma dan rasa yang kuat. Nasi dimasak dalam wadah yang terbuat dari aluminium yang dipesan langsung dari Jepang. Tambahan lain dalam kamameshi dapat pula berupa gomoku (salmon, scallop, udang ayam), tori (ayam, telur), takigawa (belut, kepiting, udang, salmon, scallop, ayam) atau unagi (belut).
Menu unggulan lainnya, kushiyaki (sate Jepang) yang proses pembakarannya diberi sake sehingga aroma dan rasanya menjadi gurih. Atau boleh dicoba fhusion sushi roll, nigiri sushi serta sashimi. Jangan lewatkan makanan
pembukanya, wakame salad.
20. Warung Bakudapa
Bali Splash Area, Kemang,
Jakarta
Penggemar makanan khasManadobisa berburu ke warung modern ini. Beberapa menu, seperti sop buntut, dendeng balado, nasi campur, buburmanadosampaitempepenyet boleh dicoba. Sop buntut Bakudapa menjadi sop buntut favorit diBali. Lhokokdi Bali???
Memang, warung ini merupakan cabang Bakudapa yang diBali. Sambalnya, yang disebut sambel mata lumayan
menantang, Cabe, bawang merah dan bumbu lain tidak diulek, tapi dicacah. Jadilah, sambel mentah yang gurih.
21. Burger Blenger
Jl Lamandau IV, Kebayoran Baru, Jaksel
Burger dan hot dog di kedai ini tampil dalam porsi besar dan olesan mayonnaise yang terbilang royal. Di kedai
ini cuma ada empat menu makanan, yaitu cheese burger, beef burger serta chili dog dan cheesy dog, kedua terahir ini merupakan
aplikasi resep dari Jerman. Menu andalannya adalah cheese burger, satu porsi cheese burger ala Burger Blenger ini memang benar-benar bikin mblenger kekenyangan. Selain ukurannya heboh, sayuran dalam cheese burger ini tampak agak berbeda, timunnya
adalah kyuri atau timun Jepang segar, bukan timun yang diasinkan, selada air atau selada keriting diganti dengan letuce, sehingga jika
digigit lebih crispy.
22.Restoran Excito
Hotel Spark
Buat pecinta sea food, restoran ini menjanjikan sesuatu yang baru dan segar, yaitu appetizer sea food. Dari 70 item makanan
dalam daftar menu, 90% nya merupakan sea food yang dihidangkan dengan penyajian konsep Barat lewat paket buffet dinner.
Menu pembuka yang wajib dicoba, smoked salmon, sea food lobster dan sea food kepiting yang semuanya diolah ala rebus
agar kandungan gizinya tidak berkurang dan tentu saja terlihat lebih segar.
23. Lara Djonggrang
Jl Cik Di Tiro No. 4, Menteng,JakartaPusat
Ingin mencoba pengalaman menyantap hidangan yang konon pernah disantap Raja Hayam Wuruk?
Menurut siempunya restoran, Raja Hayam Wuruk yang memerintah Kerajaan Majapahit, melakukan ekspedisi menyusuri tempat-tempat di tanah air selama 10 bulan dan selama itu menikmati perpaduan hidangan inggil kerajaan dengan masakan khas masyarakat di tempat-tempat yang disinggahi. Hidangan tersebut kini tersaji di Lara Djonggrang, restoran yang didesain mirip museum ini,
membuat penggemar kuliner seolah-olah berada di awal abad ke-14. Merujuk ke buku menu dengan ukuran besar dan berat, sebagai hidangan pembuka, Udang Swarloka, bola udang renyah yang disajikan di wadah unik berbentuk kerang merupakan menu
spesial yang harus dicoba. Sedangkan menu utama berupa hidangan laut, sebut saja, Pasar Ikan Nelayan Kampong Tugu yang
merupakan campuran hidangan laut segar bakar atau rebus, seperti udang, cumi, kerang dan kepiting. Juga, ada Rajungan Bumbu Rujak khas Tuban, Kare Udang Kipas khas Kepulauan Seribu atau Kerang Hijau Saos Rendang khas pesisirPadang. Sambal yang
menemani hidangan ini, bisa dicoba sambal terasi, sambal matah khasBaliatau sambal lombok ijo. Yang tak kalah unik adalah beragam nasi dari seluruh nusantara yang kini nyaris terlupakan.Adanasi dengan masakan khas masyarakat di tempat-tempat yang disinggahi. Hidangan brongkos khas Demak, nasi merah, nasi kunyit dan nasi jagung. Nasi jagung di restoran ini, tidak seperti layaknya nasi jagung khas Madura yang menggunakan jagung keras, tetapi menggunakan beras pulen yang dicampur butiran jagung rebus yang empuk.
24. Penangbistro
Kebon Sirih Raya, Jakarta
Untuk penggemar masakan khas negeri jiran Malaysia, restoran ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan interior bernuansa modern kontemporer, Penangbistro menyajikan masakan khas daerah Penang, yang terkenal dengan paduan cita rasa empat budaya, yaitu Malaysia, China, India dan Portugis. Tak heran, jika dalam daftar menunya bisa didapatkan, roti canai chicken curry ala India, sea food
steamed ikan garoupa otak-otak, mango chicken, nasi lemak penang, prawn mie, sate alaMalaysia, kerabu ebi mangga,Malay seafood mie, atau nasi nyonya yang gurih lengkap dengan kare ayam dan sambal ikan bilis. Sebagai hidangan pembuka, ada penang rojak atau salad khas Penang, sedangkan menu penutupnya, ada pulut hitam dengan es krim.
25. Restoran Dante
Jl Dharmawangsa Raya, Jaksel
Jika kebetulan Anda doyan dengan masakan oriental, bisa memilih menu andalan berupa kwetiauw atau nasi siram sapi lada hitam, nasi ayam canton, mie goreng ala Hongkong, nasi goreng yong chow dan aneka dim sum. Sedangkan minuman andalan restoran ini adalah minuman serba madu yang disebut flavour hony, dimana semua aneka jus menggunakan pemanis madu, sehingga rasanya lebih
enak.
26. Restoran Tofu
Dharmawangsa Square,Jakarta
Restoran serba tahu!
Maksudnya bukan serba mengetahui, tetapi tahu yang umumnya diolah menjadi penganan seperti tahu pong, tahu isi atau pepes tahu. Menu favorit, tofu meteor, berasal dari tahu, udang dan ayam yang dilumatkan dan dibumbui, lumatan itu lalu dibungkus dengan kulit lumpia dan digoreng, terus dihidangkan dalam tatanan yang mirip kobaran api layaknya meteor. Lainnya? Ada hot pot tofu and crab meat, menu ini disajikan dalam mangkuk yang dibakar dan berisi daging kepiting, udang, jamur, ikan dan sayur dengan kuah kental. Ada lagi, mapo dou fu, tahu pedas dengan taburan daging cincang dicampur dengan bawang Bombay, jamur dan cabai merah, rasanya spicy. Serta, claypot tofu garlic and spinach, prawn tofu soup dan stirfried beef with tofu. Hidangan pembukanya boleh dicoba silken tofu salad, sedangkan penutupnya blue smoothies, minuman yang beraroma kulit jeruk, dengan bahan sari tahu sutra, sirup blue curacao dan whipping cream.
27. Saung Grenvil
Kompleks Grenvil Blok AV-12A,JakartaBarat
Telp 021 5659517
Kedai ini menawarkan 200 macam menu masakan dari empat jenis makhluk laut, yaitu varian dari udang, kepiting, ikan dan kerang. Sebagai makanan pembuka, ada kerang rebus atau udang api-api rebus, udang berukuran sedang ini tampak bersemu
merah dan disajikan dalam piring kecil beralaskan daun pisang. Sambal untuk menemani makanan pembuka ini ada dua macam, yang satu berupa sambal cocol biasa, yang lainnya campuran cabai, nanas dan gerusan kacang yang merupakan sambal khas pantai timurSumatra. Menu yang paling banyak dicari adalah kepiting lada hitam dan sauspadang, karena rasanya pedas, juga menu udang goreng mentega, rasa udangnya gurih bercampur manis karena waktu dimasak ditambahkan madu. Untuk minuman penggelontor makanan tersebut, tersedia es markisa atau es terong belanda.
28. Soto Bu Tjondro
Jl Pondok Cabe Raya 50B, Tangerang
Telp. 7498224
Penggemar soto merupakan komunitas yang memiliki banyak pilihan. Maklum,banyak citarasa soto khas dari beberapa daerah. Soto bening alaYogyakartasudah pasti berbeda dengan soto betawi yang sarat santan. Soto Kudus berisi irisan ayamlain rasanya dengan cotoMakassar. Soto khas Solo biasanya berupa soto daging sapi.
Tapi, di kedai Soto Bu Tjondro, akan kita dapatkan soto Kudus yang diracik orang Solo. Sesuai dengan nama kedainya, menu soto tentu saja menjadi hot item. Soto bikinan buTjondro yang asli Solo ini merupakan jenis soto Kudus, sotonya hadir dalam mangkuk yang cukup besar. Isinya padat, ada soun, suwiran ayam yang royal,toge pendek serta kuah bening. Itu adalah soto
versi biasa, soto spesialnya dibedakan dengan mengimbuhi kentang tipis yang digoreng garing serta sebutir telur pindang.
Telur pindang bikinan Bu Tjondro sedikit berbeda dengan telur pindang lain, telurnya sangat tanak dengan warna cokelat menyelimuti, serta kuning telur yang berwarna tua.Rasanya manis, sebenarnya telur tersebut adalah telur gudeg. Aksesori makan
soto juga tersedia, seperti tempe dan tahu bacem, sate ati ampela, sate kerang, sate telur puyuh, sate babat, serta sate limpa, juga berbagai macam kerupuk, seperti rambak dan karak.
29. Warung Daun
Jl Wolter Monginsidi No. 41,Jakarta
Telp. 72786138
Warung Daun menyodorkan pilhan beragam menu masakan Sunda. Menu andalan adalah olahan gurame, sambal ngebul dan nasi liwet. Yang unik, lalapan di sini merupakan sayur organik dan masakan dibikin tanpa vitsin.
Nasi liwet disajikan di dalam kastrol atau ketel, khas cianjuran, dalam keadaan mengepul seperti baru diangkat dari kompor. Saat penutup kastrol dibuka, tampak teri masak yang ditaruh di atas potongan daun pisang. Sebagai lauknya, bisa memesan olahan gurame, ada beberapa pilhan, dari gurame goreng sampai gurame tumis pete,namun andalannya adalah gurame saus mangga. Sedangkan untuk lalapan, dipakaibahan baku sayur organik, penampilan lalapan organik tidak berbeda dengan lalapan
biasa, hanya rasanya yang berbeda. Kemangi organik rasanya lebih pedas dari yang biasa, timunnya juga lebih segar dan lebih banyak mengandung air. Jangan lupa mencocol sambalnya yang istimewa, sambal khas Warung Daun. Sambal ini diantarkan dalam cobek
tanah liat yang ditutup, tutup cobek akan dibuka di depan pemesan, lantas, asap dengan aroma terasi yang kuat mengepul dengan bebasnya. Tak heran, kalau sambal yang berhias daun kemangi serta irisan daun bawang ini disebut sambal ngebul.
30. Sandwich Bakar
Jl Pesanggrahan Raya No. 168,JakartaBarat
Telp. 5820270
Sandwich selalu banyak penggemarnya. Barangkali lantaran praktis dan gampangdibawa. Bagi penggemar sandwich, bisa mencoba sandwich bakar. Bentuknya, seperti lazimnya sandwich, ada roti, ada sayur, ada daging atau ikan atau ayam, keju plus mayonnaise, tapi sisi-sisi luar roti itu gosong kecoklatan bekas dipanggang. Alhasil, jadilah hidangan yang kompromis antara seleraIndonesiadengangayabarat. Varian menu sandwich bakar yang banyak dipesan adalah chicken lada hitam dan beef lada hitam. Pengantar makan sandwich di sini bukan soft drink, juice atau lemon tea, tapi adalah wedang ronde atau wedang sekoteng.
31. Brasserie Madaleine
Lantai 2ArcadiaPlazaSenayan
Restoran ini memang memanjakan penggemar makanan Perancis. Di negara asalnya, Brasserie Madaleine terkenal sebagai pusat jajanan bergaya kasual khas Perancis. Restoran ini siap dengan sajian ala carte untuk makan siang maupun makan malam.
Dari segi cita rasa, masakan Perancis di resto ini tergolong otentik, termasuk menu pembuka favorit seperi escargots de bourgogne, sejenis siput dengan kuah pekat asin dan gurih. Menu tradisional Perancis juga mengenal salad yang disiram dengan keju kambing hangat. Untuk menu utama, tinggal pilih menu serba daging, sayuran, pasta atau hidangan laut. Tak ketinggalan, menu andalan, steik tartare specialite du chef, yaitu daging sapi cincang dengan saus tartar, magret de canard au vinaigre de framboise(dada bebek dengan cuka raspberry). Penggemar hidangan laut bisa mencoba crepe saint-jacques yakni sajian ikan, kerang dan udang dalam veloute ikan dibalut kulit tepung tipis. Sebagai sentuhan terakhir, resto ini menawarkan hidangan penutup antara lain, cr譥 bulle (hidangan penutup khas Perancis), pie apel alsaciennedan crep suzette (kulit tepung tipis khas Perancis) dan saos prange grand marnier.
32. Asinan Kamboja
JlTamanKamboja No.10 Rawamangun
Telp. 4707242
Untuk penikmat kuliner yang mencoba berburu light meal, bisa mampir ke tempat ini. Kedai asinan ini menawarkan dua jenis asinan, yaitu asinan sayur kuah kacang serta asinan buah yang pedas. Rasa asinan di kedai ini sangatlah khas betawi. Komponen
asinan sayurnya sih biasa saja, ada kol, selada, timun, toge yang semuanya masih dalam keadaan segar. Plus beberapa irisan tahu putih ala Mampang. Bedanya ada pada kuah yang disiramkan pada sayuran tersebut. Jika umumnya asinan memakai kuah cuka pedas yang encer dan bening, asinan di kedai ini menggunakan kuah bumbu kacang berwarna cokelat kemerahan, maklum saja, kuah tersebut juga sudah dibubuhi cabai. Untuk pelengkapnya, tak ketinggalan krupuk mi berwarna kuning, serta beberapa krupuk kanji.
33. Pondok Ikan Bakar Ujungpandang
Jl Radio Dalam No.14, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Saat mencicipi ikan bakar ala Ujungpandang di Jakarta Selatan ini, kita memang harus rela sesekali
tersabet asap dari pembakaran. Menu andalan pondok ini memang ikan bakar, dalam daftar menu yang disodorkan ada beberapa pilihan ikan, seperti baronang, kue, bawal putih, ayam, kerapu, bandeng dan pecah kulit. Olahannya tersedia dalam tiga cara yakni bakar polos, rica atau parape. Ikan bakar polos bumbunya lamat-lamat namun lebih dominan asin; rica lebih berasa pedasnya, dan
parape cenderung manis. Olahan yang sering dipesan adalah ikan bakar polos, sedangkan ikan baronang merupakan menu ikan wajib tersedia di kedai ala Ujungpandang. Menikmati ikan bakar ala Ujungpandang belum puas jika tidak mencoba semua varian sambalnya, yaitu sambal terasi dengan mangga muda dalam cobek kecil, sambal tomat kemanggi, sambal petis, sambal bawang putih, serta sambal rica. Semua varian sambal tersebut merupakan sambal khasMakassar. Minuman yang khas di sini adalah es kelapa muda, sebutir kelapa muda denga es tentulah menyegarkan setelah mulut dihajar beragam sambalMakassar.
34. Lao Ta
Jl MH Thamrin,KompleksRukoPlazaMenteng Blok C11-12, Lippo Cikarang
Telp. 89900027
Bubur Steamboat & Seafood Specialist.
35. Kedai Cemara
Perempatan TanjungDurenBarat
Ayam bakargurihnya ayam jantan bakar.
36. Restoran Laut Sulawesi
Simprug Gallerry, Jl Teuku Nyak Arif No.10, Kebayoran
Lama Menu seafood alaMakassarberbumbu pekat. Menu andalan, olahan ikan bawal bintang, caviar ikan tuing-tuing dan kepiting lada hitam plus sambal petis.
37. Kedai Sate Bang Wahab
Jl Imam Bonjol No.47, Tangerang
Sate kambing tanpa tusuk sate berbumbu kacang serta sop kambing.
38. Hilltown Steak
Jl Wijaya IX (dekat Taman Wijaya), Kebayoran Baru
Kedai steak kakilima, guyur saus sepuasnya.
39. Sate Ayam Haji Romli
Seberang RS Pusat Pertamina, Jl Kyai Maja, Kebayoran Baru
Ueenak banget, potongan daging ayamnya besar, empuk dan bumbunya meresap.
40. Pondok Lauk
Jl Baharudin No. 34A, Tangerang
Telp 5522370, 5524443
Menu yang banyak dicari orang, hotplate seafood, cumi bakar, serta kepiting sauspadang.
41. Kedai Ayam Goreng
Jl Leuser F3/42
Telp 7221167
Kedai ayam tanpa papan nama, gurihnya ayam goreng dan segarnya sayur asem mencirikan masakan khas
Solo. Untuk minumannya, boleh dicoba minumanPelangi, berupa campuran air kelapa, sirop, serutan kelapa muda, nata de coco
danperasan air jeruk.
42. Seafood SMS
Jl Pluit Putra Raya A1, Jakarta Utara
Telp 6620869
Menu paling favorit adalah kepiting telur SMS (Sedap Murah Segar) dan ikan kuwe bakar dengan sambal SMS nya. Untuk anak-anak, boleh dicoba kepiting asap.
43. Ayam Bakar Kalasan Mas Mono
Jl Tebet Raya 57
Telp 08128218674, 92811166
Cobalah sepiring nasi putih hangat, ayam bakar legit plus sedikit sayur sambal merah bikinan Mas Mono.
44. Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Jl Raya Tapos No.1, Cimanggis, Depok
Telp 8751395
Nikmatnya menyantap ikan patin bakar dalam bambu dan sup gurame segar.
45. Dapoer Ciragil
Jl Ciragil I No.21, Kebayoran Baru
Telp 7230009
Menu bernuansa Jawa dengan atmosferBali. Menu utama adalah ayam bakar manis dan bebek goreng renyah.
46. Sop & Sate Kambing Estu Rame
Jl Tebet Barat Dalam, depan Pasar Tebet, Jakarta Selatan
Telp 59750868
Yang khas dari sop kambing ini, kulit luar daging kambingya dibuang dan campurankuahnya menggunakan susu impor agar rasanya nggak basi.
47. Warung Bu Bandung
Jl Cipinang Jaya 1B, belakang Hero,dekat pertigaan
Telp 8575477
Warung Sunda tanpa saung. Banyak orang menyambangi warung ini untuk menyantap empal khas Sunda, yaitu empal gepuk (karena digepuk dengan martil) dan mencoba sambal terasi Bu Bandung. Boleh dicoba juga menu pepes ikan mas dankepala ikan mas goreng.
48. Ulliko
Jl Boulevard Raya QA 3 No.12, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp 4501833, 4528864
Kedai ini khusus memanjakan penggemar durian dengan menyediakan camilandurian, seperti, kue sus durian, serabi kuah durian dan ketan durian termasuk minumannya jus durian.
49. Steak Art & Curio
Jl Kebon Binatang III/8
Telp 31922879
Menikmati steak Eropa dengan suasana restoran zaman baheula. Menu utama adalah Steak Art & Curio, steak beef yang disajikan dalam sebuah piring seng, plus acar bawang.
50. Restoran Padang Citra Rasa
Jl Kapten Tendean No.12B,JakartaSelatan
Telp 7902934
Menu masakannya memakai cara olahan khas Sumpur (nama desa di wilayah Kabupaten Tanah Datar, berjarak 140 km dariPadang). Rasanya disesuaikan dengan lidah non Minang. Salah satu andalan Citra Rasa adalah berbagai menu singgang(merupakan cara masak
khas Sumpur dengan menggunakan daun pisang sebagai alas wajan) antara lain,singgang kerang, ayam jamur, ikan teri dan daging. Menu khas lainnya, ayam top kas Citra Rasa (bukan ayam pop) dan pangek sungkur (seperti masakan asam pedas dan tidak bersantan).
51. Ponderosa Steak House
S. Widjojo Building, Jl Jenderal Sudirman
Kelezatan steak yang dibakar dengan sauce memanjakan selera makan. NamaPonderosa diilhami dari
nama sebuah rumah dalam film Bonanza yang diputar TVRI tahun 70-an.
52. Omah Sendok
Taman Mpu Sendok, Jl Senopati, Kebayoran Baru
Penikmat kuliner bisa duduk berbincang dan adu gagasan sambil minum kopi atau mengetik dengan laptop
sembari melalap tahu cocol. Menu yang paling laris adalah soto tangkar, asli Betawi beserta minuman khas Betawi, bir pletok.
53. De Plum Bistro
Jl Kemang,JakartaSelatan
Ingin menikmati menu nyonya laksaMalaysiadengan ditemani teh tarik? Cobalah nikmatnya bersantap makanan otentik Malaysia di sini, seperti, kuih pie tie, prawn in sarong, misiamdan nasi lemak.
54. Soto Jakarta Pak Yus
Jl Teuku Umar No. 2, Menteng,JakartaPusat
Nikmatnya berkeringat makan soto Betawi di kawasan Menteng.
55. Restoran Sari Chan
Jl Pangeran Antasari, Kebayoran Baru
Menu khas masakan Jepang adalah shabu-shabu dan chicken cordon bleu. Sedangkanbagi penyuka mi, di resto
ini ada menu mi goreng jawa rawit. Bagi penyuka nasi goreng, jangan lewatkan nasi goreng kepiting. Suka makanan berkuah? Cobalah
agedashi tofu!
56. Celcius Caf鼯span>
Plaza Semanggi
Memadukan masakan asli Thailand, local dan Eropa.
57. Rive Gauche
Jl Veteran I No.21, Jakarta Pusat
Telp 34831458
Cita rasa tradisional Bali dalam kemasan Eropa modern, tertuang dalam menu ikan bakar sambal mentah, bebek goreng khas Rive Gauche atau ayam bakar sambal Bali.
58. Rumah Makan Ibu Hj.Kokom
Jl KH Hasyim Ashari No.20, Cipondoh, Tangerang
Telp 5549017
Menu olahan yang banyak dipesan adalah ayam bakar dan gurame bakar, yang dimasak tanpa pakai penyedap, pakai bumbu kampung biasa, seperti kunyit, bawang merah, lengkuas dan sereh.
59. Caf頁N (Mr. Sangid exBorobudur) Special Sop Buntut
Jl Letjen. Suprapto, Komp. Cempaka Putih Permai Blok A4, Jakarta Pusat
Telp 4201081
Ngomong-ngomong soal sop buntut, pasti terbayang sop buntut di Bogor Caf鬠HotelBorobudur. Yang satu ini adalah sop buntut buatan Pak Sangid, mantan koki di Hotel Borobudur.Rasa pedas dalam potongan buntut cukup menggigit, sensasi rasa justru akan makin mantap jika lidah menyeruput kuah sop yang segar.
60. Ayam Goreng
Tulang Lunak Ny. Nani S.
Jl H.Ten No.7A, Rawasari, Jakarta Timur
Telp 4752128
Ayam goreng empuk ala Bu Nani tanpa menggunakan panci bertekanan tinggi(presto) untuk memasaknya. Menggigit ayam, memanjakan gigi. Sebelum dibakar,terlebih dahulu ayam dimasak bersama santan kental, gula jawa dan bumbu-bumbu,sehingga ada rasa asin, manis dan pedas.
61. Vietopia
Jl Cikini,JakartaPusat
Penggemar masakanVietnamboleh mencoba cita rasa asliVietnamdengan suasana restoran-restoran sama seperti di negara asalnya. Menu yang cukup laris adalah Bo La Lotserta es kopi Vietnam, Ca Phe Sua Da.
62. Rumah Makan
Betawi Ibu Hj. Nurlailah
Jl Duren Tiga Raya PLN No.37,JakartaSelatan
Telp 7985542
Kedai Hj. Nurlailah menyajikan menu andalan ayam goreng ala Betawi dan sop sapi.
63. Soto Ambengan Pak Sadi
Jl Wolter Monginsidi,JakartaSelatan
Kepulan asap dari semangkuk sup dengan cita rasa soto ayamSurabayamenyemburkan aroma khas rempah-rempah tradisional. Ciri khas soto ini adalahpoya, kerupuk udang dan bawang putih yang digiling menjadi bubuk.
64. Rumah Makan Pecel Madiun
Jl Ciater Barat Raya, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang
Bagi penggila nasi pecel, pecel Madiun bisa dijadikan pilihan. Ciri khas pecel Madiun adalah pada rasa jeruk di
sambalnya, juga lauk tambahannya berupa jeroan.
65. Red Chocolate Culture
Mal Taman Anggrek
Kafe untuk coklat-mania. Semua makanan dan minumannya serba.cokelat.
66. The Bedroom
Commercial Building , Lantai 4, Kemang
Menu fusion Asia , Eropa dan AS yang daftarnya identik dengan istilah yang berhubungan dengan ruang tidur, seperti virgillussion, virgillada, blanket punch, the curtain, bedroom punch. Begitu pula konsep interior unik berupa belasan tempat tidur berkelambu
putih (bale-bale) yang menggantikan fungsi meja dan kursi. Menu spesial adalah wet dream, gabungan keong dan anggur dalam escargout dan white wine.
67. Soto Madura H. Ngatidjo
Jl Biak No.58A, Roxy
Telp 6317008
Penggemar soto menyambangi kedai soto ini demi mengudap semangkuk soto Madura. Cicipi rasa jahe soto Ngatijo.
68. Restoran Sri Melayu
Jl KH Ahmad Dahlan, Kebayoran Baru,JakartaSelatan
Menyantap kepala ikan ala Melayu Medan. Menu andalan yang lain, bubur ayam dengan telur pitan atau ayam rebusHainan.
69. Mie Ayam Pak Tua
Jl Sapta Taruna I, Komplek PU Lebak Bulus
Untuk yang suka icip-icip mi, warung mi kaki lima ini layak dicoba.
70. Cavana Plasa Semanggi
Daging ayam utuh dalam berbagai menu masakan. Menu andalan yang sangat diminati ada empat, yaitu honey grill, red roast, Thai
sauce dan steak daging ayam.
71. Lokananta
Jl Panglima Polim II no.2
Telp 7246364
Lokananta mengguyuri masakannya dengan rempah yang berlimpah. Nasi goreng sirloin dan sop buntut
panggang menjadi menu pilihan utama.
72. Siomay Menteng
Pak ArisDepan
Bank Lippo, Jl HOS Cokroaminoto, Menteng
Banyak jajanan sepanjang Menteng. Salah satunya, coba kunjungi gerobak siomay di depan Bank Lippo.
73. Restoran Kamikawa
Sudirman Place
Berbagai cita rasa Jepang yang tidak lazim disajikan di kebanyakan restoran Jepang,seperti, age bukuro, pa-nagai, yakimeshi curry dan yakimeshi sakana.
74. Kedai Ibu Yanti
Jl PLN Duren Tiga No.11
Telp 7986225
Sop dan sate kambing ala Bu Yanti, segar dan empuk. Rasa sop kambingnya sedap,persis aromanya, rasa sedap ini berasal dari jahe, pala dan kayu manis yang tidak ditumbuk. Sebagai
pelengkap rasa sedap jika disantap, ada sambal kacang khas ala Ibu Yanti.
75. Pempek Garuda
(dengan symbol huruf R kecil di sudut kiri)
Jl Garuda, Kemayoran Aroma tengiri di Garuda.
Banyak kedai pempek di sepanjang jalan Garuda, Kemayoran. Banyak pula yang memajang nama berbau Garuda. Inilah salah satu
kedai pempek yang paling tersohor.
76. RM Betawi Ibu
Atikah Jl Kebon Kacang V no.29, Tanahabang
Telp 3160548 Sate sapi cincang khas Betawi di Tanahabang.Sate lembut adalah hidangan khas Betawi, yakni sate sapi
cincang yang disantap bersama dengan ketupat laksa.
77. Soto Betawi H. Mamat
Jl Raya Serpong No.51 (depan dealer Suzuki BSD)
Telp 70285416
Sop, soto dan oseng daging di kedai Haji Mamat ini favorit di kalangan penikmatnya.
Tampilannya sih, tak jauh beda dengan masakan Betawi lainnya. Tapi, tentu kesegaran dan gurihnya
racikan Bu Haji Mamat ini tetap ada khasnya.
78. Bakmi Jogja
Jl Darmawangsa Raya 10C, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp 7245866
Untuk penikmat bakmi godog khas Jogja, tempat ini layak dikunjungi.
79. RM Nasi Cirebon
Gading Batavia Food Promenade Blok C
Bagi penggemar masakan Cirebon atau sekedar rindu masakan Cirebon, RM ini
menghidangkan masakan khas Cirebon seperti, Empal Genthong, Nasi Jamblang dan Nasi Lengko.
80. Dulang Palembang
Jl Cinere Raya 77, Depok
Telp 7544958
Ingin menikmati masakan khasPalembangatau jambi? Cobalah mengecap gurihnya martabak kari, pedasnya
pindang udang, juga segarnya es kacang merah.
81. Tahu Campur Ojo Lali
Jl Saharjo, Tebet ( 25 meter dari McDonalds kearah Pancoran)
Telp 79182753
Kangen tahu campur Lamongan? Seperti tahu campur kebanyakan, racikannya berupa tahu goreng, mi basah,
daun selada, irisan perkedel singkong, dan toge yang disiram kuah kaldu urat dan lemak sapi yang panas. Sebelum disiram kuah, campuran tahu dan mi itu terlebih dulu dibubuhi sambal petis. Nah, olahan petis inilah yang membuat tahu campurnya
berbeda dengan kedai lainnya. Petisnya asli Surabayalho,rasanya lebih nabok, Rek!
82. Super Bakso
Kawasan Gunung Sahari, seberang mal Golden Truly
Menu istimewa tentunya adalah bakso daging dengan ukuran super besar, bakso urat,bakso seafood serta bakso rajungan dan bakso kulit ikan yang tidak dapat ditemukandi sembarang tempat.Adaisi tambahan lain untuk mangkuk baksonya berupa bihun dan tahu.
83. Pecel Pincuk Kalibata
Jl Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan
Telp 70588204, 08129619843
Alternatif lain bagi penggila pecel. Kedai ini cocok bagi anda yang ingin makan serasa di kampung halaman. Meja, tempat duduk, tudung saji hingga dindingnya terbuat dari anyaman bambu seperti di desa. Selain nasi pecel, lauk pauknya ada empal, ati ampela, paru, bacem tahu dan tempe, bakwan jagung, telur asin, botok teri,pepes tongkol, peyek teri, peyek kacang dan dadar jagung. Sambalnya khas dan unggulan yaitu sambal tumpang. Sambal yang terbuat dari paduan kacang dantempeyang diiris-iris lalu
dihancurkan. Rasanya sedikit pedas dan gurih.
84. Strawberry Caf鼯span>
Jl Tanjung Duren Barat III No.1, Jakarta Barat
Telp 56962880
Mari, menjajal berbagai menu makanan yang serba berpenampilan stroberi. Menu unggulan adalah serabi yang disebut serabi istana
presiden, ada nasi goreng stroberi yang berwarna merah menyala, spageti merah yang sausnya berasal dari stroberi segar.Adalagi strawberry chocolate flamb鮠Penganan ini berasal dari buah stroberi utuh plus cokelat. Untuk minuman, ada 130 macam jus. Yang unik, penyajian jus ini menggunakan gelas khusus yang di bagian bawahnya terdapat ikan hidup atau batu menyala.
85. Kedai MaPinah
Jl Raya Kapten Tendean No.2, Jakarta Selatan
Telp 71790918
Kalau nggak sempat mencicipi Kedai MaPinah di jalur Pantura daerah Pamanukan,mampir aja ke Jaksel,
sama aslinya kok. Menu andalan kedai ini adalah ikan etong bakar dengan berbagai sambal antara lain, sambal kecap manis yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah, sambal merah ulek dan sambal terasi khas Sunda. Kalo udah
sering coba nasi bakar, bolehlah coba nasi kerikil. Nasi kerikil adalah campuran antara nasi uduk dengan
irisan wortel, jagung dan ati ampela. Rasanya di mulutsangat ramai, persis seperti ada butiran kerikil-kerikilnya
86. Seafood Gebang 49
Jl Kalimati Pademangan,JakartaUtara
Telp 6415555
Seafood lagi, lagi-lagi seafood! Bagi penikmat seafood, umumnya menu andalan kedai seafood yang sering dijumpai adalah kepiting, cumi, udang atau ikan. Tapi dikedai ini yang menjadi andalan adalah masakan kerang. Dari sekian banyak pilihan yang ada di kedai ini, yang paling melegenda adalah menu kerang goreng sauspadang. Keunikan dari kerang goreng sauspadangini terletak pada
penyajiannya yang masih menempel di cangkangnya.
87. Ketupat Sayur Murni
Jl Raya Kebayoran Lama PAL 7 No.6, Jakarta Selatan
Telp 5327146
Ketupat sayur ala Betawi ini, sayur kacang panjangnya tak terlalu pedas, santannya kental, bumbu bawang dan laos sangat terasa. Lauknya adalah semur daging, pindang bandeng dan ayam goreng. Sedangkan sambalnya adalah sambal kacang yang dibumbui
cuka.
88. Soto Ceker Arifin
Jl Gandaria,JakartaSelatan
Menikmati soto ceker dengan penerangan beberapa batang lilin. Soto ceker Arifin berkuah kuning dan sedikit keruh, meski begitu, soto hasil racikan resep keluarga ini sp; tidak menggunakan santan. Soto ceker ini bisa dinikmati dengan ditemani sate jeroan ayam, uritan (telur ayam yang belum memiliki cangkang) atau keripik kulit yang terasa gurih dan garing, sambil dicocol sambal soto yang diberi kecap.
89. Warong Shanghai Blue 1920
Jl Kebon Sirih Raya No. 79, Jakarta Pusat
Telp 3918690
Bagi penggemar masakan
Shanghai dan Betawi, warong ini termasuk salah satutempat yang tepat dikunjungi. Ketupat sayur ala Betawi ini, sayur kacang panjangnya tak terlalu pedas, santannya. Menu favorit adalah ketoprak japit Mbak Leha, yang disajikan spesial dengan
dilapisi opak khas Betawi sehingga rasanya manis, sedikit pedas dan renyah.
Ketoprak ini bisa disebut sandwich nyaIndonesia. Hidangan spesial lainnya adalah telor dadar Mpok Zaenab, rujak juhi dan nasi semur
lidahBetawi. Sedangkan menu makanan Shanghai andalan adalah sop buntut resep Shanghai yang disajikan dengan bumbu karamel, sehingga membuat rasa sop ini menjadi gurih dan sedikit kental manis serta menu ayam masak merah yang kental dengan aroma kayu manis dan rasa segar karena kandungan kulit jaeruk di dalamnya.
90. Ratu Kepiting
Apartemen Wisma Gading Permai, Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading
Sesuai namanya, menu unggulan adalah kepiting saus padang, dimana bumbu dan rasa sambalnya lebih
nendang, kuah kepitingnya lebih kental dan rasa pedasnya dicampur dengan sedikit rasa asam dan manis. Rasakan nikmatnya daging putih kepiting bercampur sauspadangpedas. Jangan lupakan sayuran pendamping, terutama cah kangkung.
91. Porta Venezia Aston Sudirman,
Jl Garnisun Dalam No.8
Sesuai namanya, restoran ini menyediakan olah masakan Italia. Sebagai menupembuka, bisa dicoba Funghi Ai Granci, yaitu jamur
dibaluri keju dengan daging kepiting di atasnya. Menu utamanya.yang menjadi unggulan.Salmone Alia ataustek ikan salmon khas
Italia.
92. Bakmi Toko Tiga
Jl KH Wahid Hasyim 63A
Merasa jenuh makan nasi? Bolehlah sekali-kali mencicipi menu olahan mie di tempat ini. Menu andalannya
adalah mie ayam jamur dan lomie, rasanya..mie banget! Sebagai makanan variasi, nggak ada salahnya dicoba udang cabe garamnya.
93. Healthy Choice
Jl Kemang Raya No.32, Jakarta Selatan
Telp 7198482, 7191229
Mau menyantap menu lezat, badan tetap sehat wal afiat? Monggoberpetualangmenikmati menu organic yang lezat dan sehat. Keunggulan resto ini adalah bahan bakunya berbahan organik nan segar alias tidak menggunakan pestisida. Sajian pembuka resto ini antara lain tower spring roll, yogi crispy mushroom, salmon croquet, fish fingerdan bruchetta. Sedangkan menu utama adalah dorinos steam fish atau yang biasa dikenal sebagai ikan dori tim, dimana ikan dori sebagai bahan utamanya didatangkan khusus dari tempat asalnya,Vietnam. Selain itu, menu organik lainnya adalah organic pasta, organic shabu-shabu, organic sandwich & burger,sampai sajian organic steak & ribs.
94. Warung Pojok Pak Tris
Jl Poso No. 1E RT 005 RW 004, Jagakarsa,JakartaSelatan
Telp 78891611
Warung ini menyuguhkan menu andalan berupa sop iga sapi dengan kuah yang mengepul. Dagingya lembut dan kuahnya pedas lada. Pak Tris juga menyediakan hidangan unggulan lain, seperti sop buntut dan bakso urat sapi.
95. Kafe Cali Deli
Jl Surabaya,JakartaPusat
Sandwich atau roti tangkup berisi daging ayam panggang serai alaVietnammerupakan salah satu menu favorit kafe ini. Pada daftar menu, roti tangkup ini disebut Lemongrass ChickenSandwich. Kafe ini memang berspesialisasi pada sandwich alaVietnamdan kopiVietnamyang dinamai Black Magic untuk versi dingin dan Midnight Express untuk kopi panas. Sebagai hidangan pembuka, boleh
dipilih Clam Chowder yaitu sup kerang yang disajikan dalam roti Perancis berbentuk seperti mangkuk.
96. Nasi Campur dan Kari 89
Jl Pademangan 4 gg 18 dan gg 21
Jika pingin mencoba menu khas Pontianak, bolehlah mampir kesini. Nasi karinya hampir sama dengan versi
Jawa, tetapi nasi campurnya lebih menyerupai nasi putihditambah Sioke & Siobak dengan kuah gurih agak berminyak.
97. Restoran Bebek Ginyo
Jl Tebet Dalam No.12, Jakarta Selatan
Tentu saja racikan hidangan bebek nan lezat menjadi menu andalan di Bebek Ginyo,yang tersaji dalamlimajenis hidangan bebek, yaitu bebek goreng, bebek bakar, bebek baledo, bebek sambal hijau dan bebek kremes.Adamenu khas di resto ini : pepes bebek.
98. Nasi Goreng Babeh Sanim
Jl Pandurenan Raya (Samping Masjid), Kuningan,JakartaSelatan
Selain dimasak sop dan sate, kambing juga lazim digoreng bersama nasi. Hasilnya adalah nasi goreng kambing. Aroma wangi memang akan tercium setiap kali kita hendak melahap sesendok nasi goreng bikinan Babeh Sanim. Itu wangi kelabat,semacam jamu yang biasa
dipakai untuk bikin bumbu gule.
99. Dapur Buntut
Jl KH Abdullah Syafei 50D
Telp 8310555
Sop buntut dengan lemak yang menebal dan kuah yang gurih, sih, sudah biasa.
Nah,kali ini ada yang tak biasa. Yaitu sop buntut panggang bumbu barbeque, sop buntut rasa karamel dan sop
buntut tulang lunak. Khusus sop buntut rasa karamel, rasa manis karamel yang dipasangkan di buntut sapi tak terbayangkan rasanya. Karamel dalam irisan buntut setebal 2 cm ini tidak sepenuhnya manis.Adarasa pedas-pedas yang muncul dari gerusan butiran kasar lada hitam. Juga rasa gurih dari campuran bawang.
100. Warung Mbah Jingkrak
Jl Bulungan 26, Kebayoran, Jakarta Selatan
Telp 7220891
Bagi penggila rasa pedas, warung ini cocok untuk memuaskan dahaga akan rasa pedas. Warung ini menyediakan spesial masakan Jawa yang berbumbu ekstra-pedas,sehingga membuat penggemarnya jadi jejingkrakan. Beberapa menu yang jadi jagoan pedas
adalah, ayam rambut setan,tempejingkrak dan sambal iblis. Untuk nasi, bisa dipilih nasi merah atau nasi putih. mediacare

Tidak ada komentar:

Posting Komentar