Selasa, 22 Desember 2009

Usaha Rental Komputer

Pengalaman Us@ha

         
            
USAHA JASA SETTING &
            RENTAL KOMPUTER

Pengalaman saya mulai usaha setting dan rental komputer, saya awali dengan tekat yang boleh dikata sangat nekat, berawal pada awal tahun 1996 saya mulai membuka usaha baru dengan bermodal kemampuan teknis kepercayan dan modal yang tidak besar.

Saya berawal dengan modal kurang lebih Rp 1.500.000,-, 2 unit komputer AT286, pinjaman komputer dari mantan teman SD saya sebanyak 4 unit dan sedikit kemampuan saya tentang perangkat keras dan lunak komputer (jaringan khususnya).

Pada waktu pertama saya buka usaha, saya juga dibantu teman saya pemilik kios yang sekarang saya tempati dengan biaya sewa ( luas 3 X 3 ) Rp 50.000,-/bulan dan dibayar tiap bulan, walaupun agak berat, pada waktu itu dengan penghasilan bersih per-bulan tidak sampai Rp 300.000,-, kegiatan tetap berjalan terus, walaupun setelah dikalkulasi dengan biaya dan pendapatan masih belum untung tapi juga tidak nombok, hal seperti ini berjalan kurang lebih 4 bulan.

Setelah 4 bulan saya konsentrasi hanya pada jasa setting saja, semua komputer pinjaman saya kembalikan, kemudian saya membeli 2 unit komputer, boleh dikata pada pertengahan 1996 agak lumayan (386 DX-33 dengan monitor hitam putih) dan 1 unit printer HP-4L, dan saya bersukur setelah berjalan kira-kira enam bulan baru terasa untungnya, dan saya bisa membeli kios yang saya tempati (kios milik teman saya) seharga Rp 6.000.000,-, namun usaha saya tidak selalu berjalan mulus.

Pertengahan tahun 1997 kios beserta isinya nyaris saya jual dengan harga Rp 11.000.000,- sebab jasa setting sangat sepi dan setelah dihitunghitung bukan pas lagi, tapi nombok (kalau tidak salah waktu itu bertepatan dengan krismon/bunga bank sampai diatas 50%/thn) namun saya masih beruntung karena tidak astupun orang-orang dekat saya mau membeli, karena pada waktu itu orang cenderung lebih baik di depositokan dari pada untuk usaha. 

Kiranya keberuntungan masih bersama saya selang 5 bulan usaha saya mulai membaik, merangkak naik dan kondisi peralatannya juga semakin baik. (ternyata pada waktu usaha jasa saya tidak untung semua lini usaha juga tidak ada yang untung). Ini cerita awal usaha saya yang kini saya berusaha membuat lebih baik.

Catatan: Kondisi modal yang ada

1. 1 unit Komp. 5X86 + Monitor P/W Rp   1.500.000,-
2. 1 Unit Komp. P100 + Monitor P/W  Rp   1.750.000,-
3. 1 Unit Printer HP 5P     Rp   2.000.000,-
4.  Kios Rp   9.000.000,-

Total modal yang saya miliki

Rp 14.250.000

Sedang penghasilan perbulan dan biaya operasional serta aturan penggajian (pembagian hasil/keuntungan usaha) sekarang sebagai berikut :

Ratap-rata penerimaan kotor perbulan Rp   1.000.000,-
Biaya operasional (listrik, toner/tinta, kertas, penjaga malam, Biaya perawatan yang saya lakukan sendiri 20% X 1.000.000) Rp     200.000,-

Penghasilan setelah dikurangi biaya operasional  Rp     800.000,-
Gaji tenaga setting 40% * Rp 800.000,- Rp     320.000,-

Keuntungan bersih yang saya terima sekarang  Rp     480.000,-

 

Saat ini saya sama sekali sudah tidak ikut mengerjakan semua pekerjaan di jasa setting tersebut semua saya serahkan kepada teman-teman saya yang mengerjakan, sebagai tenaga setting atas dasar saling perca dan tidak ada rasa saling curiga.

Nah berawal dari sini saya berharap bantuan pengelola web ini serta rekan-rekan yang mengetahui untuk bisa menginformasikan dimana saya bisa mendapatkan mesin cetak Offset Toko 810 dengan harga yang murah tapi kualitas cetak masih ok.

Terimakasih semoga pengalaman saya bisa bermanfaat bagi saya dan pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar