Senin, 28 Desember 2009

Tipe Otak Kita

What colour of your brain?

A
B

C

D

Terorganisir

Kreatif

Mandiri

Antusias

Tepat waktu

Komunikatif

RasaIngin tahu

Pecinta Kesenangan

Detai

Fleksibel

Sabar

Kompetitif

Bertanggungjawab

Perhatian

Analitis

Panjang akal

Berkomitmen

Sensitif

Tafakur

Berani

Berhati – hati

Kooperatif

Teknikal

Energetic

Dpt dipertanggungjawabkan

Hangat

Otonom

Petualang

Respek

Original

Kompetensi

Pemurah

Dapat diduga

Mengasuh

Investigatif

Spontan

Ketika membuat keputusan, saya cenderung:


Memperpanjang Planning

Berbicara dgn yg laen

Menyimpulkan fakta2

Percaya naluri

Ketika bekerjasama dengan orang lain, saya melihat diri saya sebagai:


Coach

Pemain team

Problem Solver

Percaya naluri

Saya merasa nyaman dengan lingkungan kerja yang :


Stabil / tenang

Harmonis

Privacy

Bebas

A TOTAL

B TOTAL

C TOTAL

D TOTAL


Masing – masing kolom terdapat pilihan karakter yang harus diberi nilai [dikotak kosong sebelah kiri karakter]. Nilainya sebagai berikut :

4 = Aku banget [sangat setuju]
3 = Mendekati
2 = Agak kurang
1 = Jarang / bukan aku banget [sangat tidak setuju]

Dalam satu baris karakter, harus ada nilai 1,2,3 dan 4, sesuaikan dengan kepribadian anda. Bisa dibolak – balik nilainya. Contoh :

1 Terorganisir                       2  Kreatif               3  Mandiri                4  Antusias

Setelah diisi semua, silahkan dijumlah untuk mengetahui berapa nilai keseluruhan karakter dalam satu kolom. Dari jumlah itulah akan diketahui, bagaimana karakter anda berdasarkan warna otak.

1.     MANUSIA A [YELLOW BRAIN]
      Meliputi karakter sebagai berikut :
·        Saya melihat diri saya :Dependable, punctual [on time dll], responsible
·        Secara alamiah saya : Mempunyai rasa hormat dan peduli
·        Saya menghargai : Tradisi dan kesenangan [Stabilitas]
·        Prioritas saya : Pengorganisasian dan pertanggungajwaban
·        Dalam bekerja saya selalu : mempersiapkan segala sesuatu, berkomitmen dan detail
·        Dalam hubungan personal saya cenderung praktis dan serius
·        Sebagai anak – anak saya dulunya adalah :Predictable, tidak fleksible, mengendalikan
·        Saya melakukan perubahan dengan Rencana dan Implementasi yang terprogram.
·        Faktor yang membuat saya stress :Disorganization
·        Ketika saya frustasi : Saya bisa cemas dan khawatir
·        Untuk mendorong rasa percaya diri saya : akui dan hargai kesetiaan saya
Kesimpulannya, manusia dengan yellow brain ini adalah Tipe2 CEO, tapi CEO jadul, yang suka stabilitas dan keteraturan. Ngga cocok diterapkan untuk kondisi sekarang yang serba dinamis.

2.     MANUSIA B [BLUE BRAIN ]
·        Saya melihat diri saya : Helpful, Kreatif, communicative
·        Secara alamiah saya : hangat, fleksibel, perhatian
·        Saya menghargai : kepercayaan, dan empati
·        Sikap saya : antusiastik dan hangat
·        Prioritas saya : Harmoni dan kedekatan
·        Dalam bekerja saya selalu : motivational, inspiring dan interaktif
·        Dalam hubungan personal saya cenderung bijaksana dan romantis
·        Sebagai anak – anak dulunya saya adalah Kooperatif dan imajinatif
·        Yang lain boleh melihat saya sebagai : Emosional berlebihan, banyak bicara dan naïf.
·        Saya melakukan perubahan dengan : Bertanya ada diri sendiri
·        Faktor yang membuat saya stress : Lack of cooperation
·        Ketika saya frustasi : Saya bisa tertekan dan resistensi pasif
·        Untuk mendorong rasa percaya diri saya : hargai cinta kasih
Kesimpulannya : tipe – tipe orang yang romantis, komunikatif, cocok bekerja di media,  marketing, dan yang berhubungan dengan interaksi antar personal.

3.   MANUSIA C [GREEN BRAIN]
·        Saya melihat diri saya : Logis, Cerdas, Tafakur
·        Secara alamiah saya : Nonkonformis dan visionary
·        Saya menghargai : Pengetahuan dan efisiensi
·        Sikap saya : Self sufficient dan fair
·        Prioritas saya : Kemandirian dan kerahasiaan
·        Dalam bekerja saya selalu : Berkompeten terhadap teknologi mutakhir
·        Dalam hubungan personal saya cenderung : sensitive tapi tidak mudah beremosi
·        Sebagai anak – anak dulunya saya adalah  rasa ingin tahu dan fokus
·        Yang lain boleh melihat saya sebagai : Berdasarkan fakta, tidak sensi dan intimidating.
·        Saya melakukan perubahan dengan : Saya perlu waktu untuk memproses pikiran2 saya
·        Faktor yang membuat saya stress : Menghadapi ke tidak-kompetensian
·        Ketika saya frustasi : Menarik diri dan enggan mengambil keputusan
·        Untuk mendorong rasa percaya diri saya : akui kompetensi saya
Manusia seperi ini selalu berdasarkan fakta, tidak percaya hal2 takhayul, pinter, terutama dibidang IT atau akuntan, biasanya berkacamata, karena suka itung – itungan. [hualah]

4.   MANUSIA D [ORANGE BRAIN]
·        Saya melihat diri saya : Dinamis, generous, spontan
·        Secara alamiah saya : Negotiator, troubleshooter
·        Saya menghargai : Banyak akan dan petualang
·        Sikap saya : Antusias dan pemberani
·        Prioritas saya : Freedom dan fun
·        Dalam bekerja saya selalu : saya selalu entrepreneurial dan competitif
·        Dalam hubungan personal saya cenderung energic
·        Sebagai anak – anak dulunya saya adalah Entertaining dan impulsive
·        Yang lain boleh melihat saya sebagai : disorganized, resistant, irresponsible
·        Saya melakukan perubahan dengan : Tangkap peluang baru yang ada
·        Faktor yang membuat saya stress : aturan orang lain atau pengarahan
·        Ketika saya frustasi : saya drop out secara fisik dan mental
·        Untuk mendorong rasa percaya diri saya : hargai kebaikan saya
Tipe manusia seperti ini adalah tipe – tipe pengusaha entrepreneur, banyak akalnya dan susah diatur.

Inti dari test ini, bukanlah warna apa yang dominan pada otak anda. Karena idealnya, seseorang memiliki beberapa warna yang dominan. Bisa jadi hasil itu menunjukkan seseorang dominan di warna Blue, tapi jarak nilai antara blue dengan Gree atau orange ngga banyak. Jadi merupakan perpaduan sifat – sifat baik dari masaing – masing warna. Selamat mencoba.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar