Rabu, 09 Desember 2009

Laundry Teachers

Guru-guru Laundry Saya

Saat memulai usaha laundry 2 tahun lalu, selain melakukan survey, saya juga dibimbing oleh beberapa mentor laundry. Yang pertama adalah Pak Haji Solihin dari Kayu Tinggi, Jakarta. Hubungan saya dengan Pak Haji, Beliau adalah tetangga depan rumah kakak saya. Beliau memiliki "laundry & dryclean" dengan agen lebih dari 150. Keberhasilannya sungguh luar biasa. Dalam beberapa tahun saja, Pak Haji sudah bisa membeli beberapa buah motor dan sebuah mobil sebagai modal kerja. Tidak hanya itu, Pak Haji juga membeli beberapa bidang tanah dan membangun 2 buah rumah. Dari penuturan Pak Haji, laundrynya bisa meraup omzet lebih dari Rp. 25 juta/bulan.

Guru saya berikutnya adalah Ibu Yaroh dari Surabaya. Beliau memiliki laundry kiloan dengan pangsa pasar mahasiswa. Laundry-nya dikelola berdua, suami istri, bersama beberapa orang pegawai. Saya bisa belajar laundry darinya, karena Ibu Yaroh adalah teman baik adik saya. Jadi dalam hal ini, prinsip "six degrees of separation" memang manjur.

Berhubung keterbatasan waktu dan jarak, maka mentoring dilakukan via telepon dan surat. Walaupun agak meraba-raba penjelasan mereka berdua, tapi kemudian kami lancar juga dalam prosesnya. Setelah beberapa bulan, ASTA Laundry kemudian memodifikasi teknik laundry mereka menjadi Sistem Training Laundry.

VBS Mind Farmer/Developer
Arifin Novariadi
Internet Marketing:
http://a-z-internet-marketing.blogspot.com/
0721-705033
08129232061

Tidak ada komentar:

Posting Komentar