Senin, 07 Desember 2009

PELUANG USAHA RUMAHAN

Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan PDF Cetak E-mail
 

Sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa di mulai dari rumah. Selain untuk memaksimalkan fungsi ruangan di rumah, juga bisa untuk sumber penghasilan tambahan. Peluang usaha rumahan sebenarnya sangat mungkin dilakukan banyak orang. 

Contohnya, Dino, seorang wiraswasta asal Surabaya yang memulai usaha bermodal satu komputer, printer, dan scanner. Dengan memanfaatkan keahliannya sebagai graphic designer dan pengetahuan cetakan, Dino berani membuka usaha sendiri di rumah. Usahanya lambat tahun berkembang hingga memiliki beberapa karyawan. Bahkan sebuah perusahaan besar di Surabaya menjadi pelanggan tetapnya. Kini usahanya bertambah lagi dengan membuka jasa event organizer.

Lain lagi dengan Amin Rastamaniez. Bapak berambut dreadlock ini sudah satu tahun mendirikan usaha video editing dan web development. Amin memulai usaha sambilan ini bersama Sisi, istrinya di rumah kontrakan di wilayah Sading, Kabupaten Badung, Bali. Bermodal  kamera handycam, komputer, dan sebuah laptop, Amin sudah bisa mengerjakan pesanan video manten yang rata-rata dalam sebulan mendapat tiga sampai empat pesanan dalam sebulan.  Untuk satu proyek berkisar antara tigaratus ribu hingga satu juta. "Tergantung permintaan materinya. Kalau  untuk harga shooting video sekitar limaratus ribu per hari," ujar bapak beranak satu ini.

Di masa sulit mencari celah pekerjaan, peluang usaha rumahan bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan sumber penghasilan. Ajen Dianawati, penulis buku Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan menguraikan beberapa alternatif usaha rumahan, seperti bidang usaha makanan (catering, warung, kue kering), laundry, penjahit pakaian, voucher handphone, souvenir, rumah kost, sanggar senam, jasa pengetikan, warung mie instan , dan lain sebagainya. Dalam bukunya, Ajen mencoba membuka wawasan kita soal dunia usaha yang bisa dimulai dari rumahan.

Sebenarnya apa saja keuntungan dari usaha rumahan :
1. Anda akan mendapat pengamalan menarik serta tantangan yang belum pernah Anda alami sebelumnya. Persoalan modal memang biasa menjadi kendala utama.
2. Anda tidak perlu lagi merisaukan jam kerja kantor yang nine to five. Dengan membuka usaha rumahan, otomatis waktu Anda lebih fleksibel, terutama, untuk ibu rumah tangga, akan ada lebih banyak waktu untuk mengawasi si kecil dan rumah tangga.
3. Dapat menekan biaya produksi, yaitu dengan menyiasati memakai tenaga kerja yang melibatkan suami, kerabat kerja, teman, dan pembantu.
4. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat, seperti ruko, toko, dan sebagainya. Kecuali jika usaha Anda nantinya berkembang lebih besar sehingga memerlukan tempat yang cukup luas.
5. Anda bisa menjadi bos untuk diri sendiri
6. Terhindar dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Jika bekerja pada orang lain, sewaktu-waktu Anda dapat diberhentikan, meskipun sudah bekerja selama bertahun-tahun. Artinya, di sana ada jaminan Anda terhindar dari PHK

Soal sumber modal usaha dapat diperoleh dari tabungan, kredit tanpa agunan, meminjam kepada keluarga terdekat, melakukan penarikan dana lewat kartu kredit, dan lain sebagainya.

Banyak gambaran soal peluang usaha rumahan. Ajen memetakan beberapa bidang misalnya usaha makanan, jasa, penerbitan, dan bidang lainnya. Yang jelas buku ini menarik untuk disimak karena berisi banyak tip dalam pengelolaan uang, cara mendirikan CV atau PT, cara mengajukan kredit, dan lain sebagainya. Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan diterbitkan oleh mediakita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar