Minggu, 17 Januari 2010

Tips Memulai Usaha Makanan

Peluang dalam usaha makanan memang menjanjikan keuntungan jika tahu rahasianya. Dalam bisnis ini akan lebih baik jika berasal dari hobi memasak anda, karena ketika menjalankan usaha… anda dapat juga menikmatinya.

Oh ya!

Walau nanti saya sebut restoran, jangan bayangkan bisnis ini membutuhkan biaya ratusan juta rupiah. Pelung bisnis ini bisa dimulai dari rumah, dengan biaya yang terjangkau. Asal ada kemauan di dalam benak anda.

Selain itu ada beberapa tips dibawah ini jika ingin memulai bisnis usaha makanan. Berikut diantaranya :

  1. Pertama wajib dilakukan adalah pilih makanan yang dikuasai, baik itu resep dan cara pembuatannya.
  2. Mulailah usaha anda dari yang sederhana dan gampang dikerjakan terlebih dahulu
  3. Lihat baik-baik peluang di sekitar anda, Lakukan riset makanan apa yang belum ada di sebuah kawasan.
  4. Kalaupun sudah ada bisnis makanan yang serupa, anda harus berani membuat inovasi baru untuk restoran anda.
  5. Untuk harga jual makanan nantinya, sebaiknya jangan terlalu mahal, jika tidak pelanggan seperti bintang ini yang bergaji pas-pasan nggak bisa datang :D . Karena dalam tahap memulai sebuah bisnis seperti ini yang penting adalah pelanggan datang.
  6. Keramahan. Ini kunci sukses peluang usaha ini….jika ingin menarik pembeli, semua pekerja termasuk anda haruslah ramah.
  7. Selain ramah pelayanan restoran juga harus cepat
  8. Kebersihan harus menjadi prioritas utama. Restoran anda nantinya wajib terlihat bersih, tidak ada lalat, jangan ada debu yang menempel termasuk juga pekerja anda harus bersih.
  9. Turuti keinginan pelanggan anda. Umpamanya dia meminta pesanan khusus untuk makanannya, misal dia ingin makanan dengan sedikit garam, tidak terlalu pedas dll
  10. Jam buka dan tutup usaha restoran anda harus teratur.

Selain kesepuluh tips bisnis makanan diatas, bintang sering melihat banyak restoran sukses dikunjungi pembeli karena mereka membuat tempat yang unik dan nyaman. Misal membuat restoran yang disekelilingnya ada pepohonan atau membuat tempat makanan diatas danau. Dan bahkan pernah saya lihat ada orang usaha dengan membuat tempatnya seperti piramida.

Jangan lupa juga anda memanfaatkan kekuatan internet untuk memantapkan peluang bisnis makanan ini? Coba anda baca artikel saya mencari ide wirausaha, yap sampai disini semoga usaha restoran anda cepat sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar