Kamis, 07 Januari 2010

Pilih Jadi Pedagang atau Pegawai?? (Seputar Hobi Budidaya Burung Kenari)

Jangan takut resiko, mulai kembangkan hobi Anda

Padahal di dunia ini penuh dengan resiko semua kegiatan beresiko, Anda berjalan dipinggir jalan aja kalau lagi sial bisa keserempet motor….. Bagi sebagian besar orang menjadi karyawan di suatu perusahaan merasa sangat aman. Mereka tidak menyadari sebetulnya resiko mengancam mereka… kita tidak tahu suatu saat perusahaan tempat kita bekerja bangkrut atau mengalami kerugian sehingga mereka di PHK….. contoh konkritnya kebetulan saat ini saya ikut menggodok ke bijaksanaan bagi karyawan alih daya atau outsouching, dimana ada beberapa kebijakan yang menurut saya cukup merugikan diantaranya karyawan out sourching maksimal bekerja 2 tahun setelah itu istirahat 1 bulan kemudian baru bekerja lagi selama 1 tahun setelah itu diangkat menjadi karyawan atau diputus tidak diperpanjang kontraknya…… dan saya yakin opsi ke dua akan diambil oleh perusahaan untuk opsi pertama sangat jarang kecuali bagi karyawan kontrak yang sangat dibutuhkan….. Dan ancaman paling nyata di depan mata lemburan di hapus karena sistemnya kontrak kerja… wah pokoknya kacau dech….

Dari cerita diatas maka saya mengajak diri saya dan temen2 netter mari kita membekali diri kita masing-masing dengan keahlian dibidang masing-masing atau coba tingkatkan hobi kita menjadi sesuatu yang bermanfaat…. Saya piker bagi anda yang bekerja sekarang saatnya anda mencari usaha sampingan…. selingkuh pekerjaan hehe…. Kalau usaha yang kita rintis gagal tidak terlalu beresiko karena masih ada dana cadangan dari gaji yang kita terima setiap bulan. Jangan sampai kita memulai usaha karena kepepet di PHK dari perusahaan …. Kalau mulai bisnis dengan menggunakan uang dari PHK resiko-nya semakin besar karena kalau gagal sumber dananya tidak ada lagi……. Atau saya pernah mendapat email dari seseorang yang menanyakan ternak kenari untuk mencari dana tambahan pada saat pension, menurut saya masa pension adalah masa menikmati hasil jerih payah selama kita muda. Jangan sampai masa pension semakin susah karena gaji yang kita terima hanya 75 % dari gaji total semasa kita aktif bekerja sedangkan kebutuhan semakin besar. Anak-anak membutuhkan dana sekolah semakin besar dan biaya pengobatan semakin besar karena semakin tambah usia stamina dan fisik semakin berkurang sehingga sering sakit-sakitan.

Sekarang kembali ke diri Anda apakah Anda akan bermain-main dengan usia Anda ? atau Anda memanfaatkan setiap detik untuk kegiatan yang bermanfaat bagi Anda saat ini maupun untuk masa yang akan dating.

Sekarang mari kita mengkhayal…. Seandainya Anda mulai ternak kenari dari sekarang (halah kembali ke kenari lagi hehe…….) Umpamanya tahun ini anda mulai ternak dengan 1 ekor Yorkshire dan 2 betina kenari lokal super dengan modal awal 2,5 jt….. 3 bulan kemudian kenari mulai punya anak, kalau satu indukan punya anak minimal 2 ekor maka dalam 1 periode tetasan menghasilkan 4 ekor anak. Anak jantan dijual dengan harga 500.000 pada usia 2 bulan, sedangkan anak betinanya dipelihara sampai besar. Setelah besar usia sekitar 8 bulan F1YS betina dikawinin dengan Bapaknya lahir F2. Anak jantannya dijual dengan harga 750.000 sedangnkan anak betinanya dipelihara dan betina F2 dikawinkan kembali dengan Yorkshire. Maka lahirlah F3 … betina F3 dikawinkan dengan Yorkshire akan menghasilkan F4 atau Yorkshire lokal….. Ketika anda mulai ternak kenari dari saat ini 3 tahun kemudian Anda sudah berhasil menjadi peternak Yorkhire … Anda bisa bayangkan berapa harga Yorkshire 3 tahun kemudian ??…. sebagai gambaran hampir tiap tahun harga kenari naik pada tahun akhir 2006 atau awal 2007 harga kenari sekitar 1,25 jt sekarang tahun 2009 harga Yorkshire paling murah 1,75 juta itu belum ketahuan kualitasnya… untuk Yorkshire super harganya bisa 4 juta (super disini artinya gacor dan kalau dijodohkan selalu berhasil punya anak) anda bisa bayangkan tiap tahun kenaikan harga Yorkshire sekitar 250.000 apalagi Yorkshire lokal lebih mahal dari Yorkshire import ….

Berhubung ceritanya mimpi mari kita teruskan mimpi kita hehe…. umpamanya 3 tahun kemudian anda berhasil mendapatkan indukan Yorkshire lokal 5 ekor …. Hanya dengan 2 anak perindukan dalam 1 periode anda menghasilkan 10 ekor anak …. Taro harga anak Yorkshire lokal 1,5 jt perekor anda bisa menghasilkan 15 jt perperiode ….. saya piker gaji manager saja kalah …… apalagi jika anda pandai memanage peternakan kenari Anda…. Anda bisa memanfaatkan orang lain untuk mengelola peternakan Anda sehingga jumlah peternakan Anda bisa dikembangkan lebih banyak lagi jumlahnya, betapa indahnya kalau pada saat pension nanti kita bisa mencukupi kehidupan kita dari hobi yang kita geluti setiap hari…. Mendengarkan suara kenari sambil bercengkrama dengan cucu kita….. halah udah dulu dech mengkhayalnya ….. sekarang saatnya bekerja bersih-bersihkan kandang …… BTW lagi menikmati cuti ….. up load artikel sambil lihat kenari mandi dan dengerin kenari bunyi betapa indahnya…….

sumber :  http://burungkenari.wordpress.com/2009/12/07/jangan-takut-resiko-mulai-kembangkan-hobi-anda/

salam

sofyan

http://burungkenari.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar