Dari pengalaman saya proses pengambilan keputusan hijrah ini memang membutuhkan kedewasaan, kematangan berfikir dan bertidak serta keberanian. Karena jika dilakukan dengan tergesa-gesa dan tanpa persiapan maka jadinya malah tidak lebih baik, bahkan menjadi masalah baru yang membuat stess yang melakukan dan yang kena dampaknya yaitu istri dan anak dan keluarga.

Tidak mudah untuk memulai suatu usaha baru dimana anda menjadi pusat dari segala kegiatan, pusat dari segala keputusan, pusat dari tanggung jawab, pusat dari motor penggerak.

Zona kenyamanan yang sebelumnya dirasakan sebagai karyawan menjadi hambatan yang paling utama. Ketakutan akan masa depan yang belum pasti menjadi momok yang mengerikan. Belum lagi ditambah dengan sulitnya dunia usaha saat ini akan membuat keputusan hijrah menjadi beban yang memusingkan kepala.

Artikel ini merupakan sharing pengalaman pribadi bagaimana merubah mindset karyawan menjadi mindset pengusaha. Agar proses hijarah itu mulus saya memiliki resep yang barankali bisa membantu:

0. Butuh keberanian yang kuat, perjuangan yang gigih, misi dan visi yang jelas untuk memulai Hijrah.

1. Persiapkan mental anda, mental istri, mental lingkungkan keluarga anda.

2. Yakinkan bahwa usaha baru yang anda tekuni sudah melalui proses ujicoba, bukan hanya teori tapi sudah dicoba dan terbukti menghasilkan. Meskipun kadang belum terlalu besar dibanding penghasilan sebagai karyawan.

3. Di tempat kerja sebelumnya sudah ada proses regenerasai, artinya jika anda tinggalkan maka pengganti anda sudah benar-benar siap.

4. Keluar dari perusahaan bukan berarti putus hubungan, akan tetapi hanya sebagai proses alih generasi sehingga nantinya masih terjalin kerja sama antara anda dan perusahan tersebut.

5. Kendala akan menghadang, tapi yakinlah bahwa Rejeki itu sudah ada yang mengatur, kita hanya tinggal menyiapkan pundi-pundi penampung rejeki tersebut. Meminjam istilah Aa Gym Menjemput Rejeki.

Kalau beberapa tip itu bisa dilalui maka jadi pengusaha itu memang saya anjurkan, karena:

1. Memberi kesempatan yang muda untuk mengantikan posisi karyawan anda.
2. Membuka lapangan kerja baru, apalagi anda memiliki bebrapa karyawan.
3. Menjadikan Indonesia semakin kuat dengan banyaknya entrepreneur muda yang kreatif.
4. Wujud karya nyata untuk mengentas kermiskinan dan pengangguran yang semakin melimpah.

Baca juga:

Cita-Cita Saya Dengan Bertani Di Internet Sederhana Saja

BERPIKIR POSITIP DIBALIK PINDAH KUADRAN GURU COSA ARANDA

6 Hal Yang Diperlukan Untuk Melangkah dari Karyawan Menjadi Pengusaha

Persiapan Pindah Kuadran

Proses Pindah Kuadran

Semoga bermanfaaf,

Setiap Kesuksesan tentu dimulai dari Perjuangan dan Pengorbanan.
Selamat Menjadi Pengusaha Baru.
Bangkitlah Indonesiaku.