Kamis, 04 Februari 2010

MINDSET

Mindset 

'Mindset : Mind to setting your mind?' Adi W. Gunawan atau 
'chenge your beliefs and you change your destiny' Sterling W Sill.




Mindset secara definisi terbagi menjadi dua yaitu mind dan set. Nanti saya terangkan artinya. Seperti kita ketahui banyak motivator mengatakan kita harus merubah mindset kita, kita harus punya minset sukses dsb. Tapi yang dimaksud dengan Mindset itu sendiri kita belum paham benar, apa sih mindset itu?


Sebelum saya lanjutkan apa itu arti mindset, kira-kira mindset menurut anda itu apa sih? siapa tahu definisinya lebih bagus dari yang akan saya sebutkan atau mungkin pemahaman anda tentang mindset sangat luas dan dalam seperti samudera.


Oke kita kembali ke....lap...? Maaf ini bukan empat mata. Jadi kita kembali ke tema tadi yaitu definisi mindset. Mindset itu terdiri dari kata :

MIND yang artinya seat of thought memory; the center of consciousness that generates thoughts, feelings, ideas, and perceptions and stores knowledge and memories. Wah kok bahasa asing sih? tapi tenang saya ada terjemahannya nih:'Sumber pikiran dan memori; pusat kesadaran yang menghasilkan pikiran, perasaan, ide dan persepsi, dan menyimpan pengetahuan dan memori. kira-kira begitu terjemahannya.


SET yang artinya apreference for or increased ability in a particular activity. Condition of solidity: Condition of being solid. Kurang lebih begini artinya ' Mendahulukan peningkatan kemampuan dalam suatu kegiatan. Keadaan utuh/solid.'.

Jadi Mindset artinya kalau kita rangkum seperti adalah Kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan prilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang. Bisa juga Sikap mental tertentu atau watak yang menentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi.

Nah jika kita ingin mengubah mindset kita berdasarkan definisi diatas, berarti kita harus merubah kepercayaan-kepercayaan kita. Ingat kepercayaan bukan agama ya! jadi tidak usah merubah agama, tapi kepercayaan.

Kepercayaan ini yang akan mempengaruhi semua tindakan kita dalam hidup. Saya kasih contoh; orang yang percaya kalau pohon besar dekat kuburan itu ada penunggunya, orang tersebut akan selalu merasa takut jika melewati pohon itu. Jika orang tadi percaya kalau di terminal X banyak copetnya, orang itu akan selalu waspada dan mengamankan barang bawaannya. Demikian juga orang yang percaya dia orang biasa yang tidak akan sukses, maka dia tidak akan bekerja keras karena dia percaya kalau dia pasti tidak bakal sukses kira-kira begitu.

Maka mulai sekarang rubahlah kepercayaan anda, terutama kepercaya dirian anda. Jika anda percaya pada diri anda bahwa anda sukses, maka mindset anda akan menjadi mindset sukses. Jika mindset anda sukses, maka system otomatis sukses akan aktif dalam diri anda, jika system otomatis sukses berjalan dalam diri anda, maka anda akan otomatis sukses. Salam sukses

Taken from Adi W. Gunawan's book ' the secret of mindset'

Rahasia Kehidupan Sukses
Raih hidup optimis, bahagia, indah
eBook-ebook berkualitas harga murah
www.beautiful-mind-power.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar