Jumat, 06 Mei 2011

Membuka Warnet

Membuka Warnet

Internet merupakan hal yang lumrah saat ini. Mahasiswa hingga anak SD sekalian suka memanfaatkan media yang satu ini, mulai dari mencari tugas, facebook-an hingga bermain online game. Bisnis warung internet seperti sangat menjanjikan, tapi emang demikian halnya. Nah untuk Anda ingin Membuka warnet, Saya beri tips nya dari perencanaan hingga operasional.

Persiapan untuk komputer

Kalau untuk komputernya bervariasi tergantung usaha warnetnya, kalau misalnya warnet yang ditujukan juga untuk game spesifikasi komputer-nya harus yang "agak bagus" jangan tanggung-tanggung ntar rugi sendiri. kalau cuma untuk browsing, pentium 4 yang biasa aja gak papa.


Persiapan untuk koneksi internet dan jaringan

Untuk internet anda pilih ISP (internet service provider) yang top. Daripada entar putus melulu internet-nya.

terus masalah jaringan komputer. Anda bisa memanggil konsultan jaringan untuk pemasangan jaringan komputer. Kenapa jaringan komputer?? jelas karena anda hanya menyiapkan 1 koneksi internet tapi digunakan untuk seluruh komputer, bukannya 1 koneksi internet untuk 1 komputer (pemborosan!!). Dengan adanya jaringan komputer, maka akan lebih mudah dalam mengatur data yang ada.

Software yang digunakan

Untuk Anda yang berencana menggunakan aplikasi yang berbayar upayakan HARUS ASLI! agar usaha anda lancar dan tidak tersandung persoalan hukum nantinya. Bila tidak anda bisa menggunakan linux untuk pengganti Windows atau OpenOffice untuk menggantikan Microsoft Office

Izin Usaha

Untuk perizinan usaha anda bisa konsultasikan ke pemerintah setempat atau coba hubungi ketua RT dan informasikan bahwa tempat anda akan dijadikan warnet, dengan harapan agar bisa dibantu.

Kalau untuk 3 komputer anda cukup menggunakan Speedy, lalu beli modem yang 4 port. Tinggal ditancapkan saja kabel Lan masing2 komputer ke Modem tersebut. Mudah dan gampang^^

Keuntungan:

Memang pada saat2 awal, membuka warnet akan banyak memakan modal, sebut saja komputer, internet, AC, software,kursi dan meja, tempat,keamanan, dll

keuntungan-nya pun bervariasi

anda bisa mengkalkulasikan sendiri (asumsikan saja warnet anda selalu penuh)

misalkan saja tarif warnet anda Rp 4500 per jam;

Anda memiliki 15 komputer dan misalkan mendapat untung Rp1500 per jamnya Anda buka warnet anda selama 10 jam, maka

Rp1500 x 10 x 15 =Rp225.000 per hari

per bulan keuntungan bersih anda = Rp6.750.000 (lumayan)

lalu Rp3000X10X15= Rp 450.000 per hari

total Rp 13.500.000 untuk listrik, air, dan internet warnet anda per bulan serta biaya maintenance (kalau ada komputer yan
g rusak)

Saran saya:

1. Warnet anda harus berada di lokasi yang strategis sperti tempat kuliah atau sekolah. Karena banyak mahasiswa yang lebih suka ke warnet yang dekat untuk hemat ongkos.

2.Sewakan lebih dari 15 komputer

3.Anda harus bersiap "rugi" karena warnet tidak selalu ramai atau penuh seperti perhitungan sebelumnya.

4.Jangan hanya menyediakan layanan internet saja, tapi sediakan juga buat nge-print, scan, burn CD/DVD, jualan kecil2an (Flashdisk, CD/DVD Kosong), Cetak Photo, Makanan (bisa Mie Instan, Pop mie, Teh botol, Aqua)

Selamat membuka Warnet baru…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar