Kamis, 21 April 2011

Menjadi kaya dengan menulis buku

Siapa yang tidak mau kaya di dunia ini? Tentu semua orang ingin menjadi kaya dan sukses. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menjadi kaya. Tetapi hidup akan lebih berarti bila kekayaan kita peroleh secara halal.

Apalagi kekayaan yang kita peroleh juga bisa memberikan kekayaan kepada orang lain. Salah satu cara menjadi kaya dan membuat orang lain kaya adalah menulis buku. Pembaca buku kita akan menjadi kaya ilmu dan pengetahuan dari apa yang kita tulis.

Menulis Tidaklah Sulit

Menulis buku tidaklah sulit, Semua orang pun pasti bisa menulis. Anda bisa menulis apa saja sesuai dengan bidang dan latar belakang Anda. Anda bisa menulis pengalaman, cerita, berbagi ilmu bahkan guyonan pun bisa Anda tulis. Yang penting, jangan mudah putus asa dan tetap semangat. Nikmatilah proses dalam menulis, dan pastinya tidak ada yang sia-sia dari setiap usaha yang Anda lakukan.

Untuk mulai menulis, tentu Anda perlu modal. Anda bisa menulis dengan mesin ketik, atau dengan komputer. Namun jangan kecil hati jika Anda tidak memiliki kedua alat tersebut. Dengan modal secarik kertas dan pensil, Anda juga bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang bagus. Yang penting di sini adalah bagaimana Anda memulai langkah awal menjadi seorang penulis.

Langkah Menulis Buku

Beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan tersebut adalah:

Mulailah sekarang atau tidak sama sekali. Untuk menjadi seorang penulis, perlu komitmen yang kuat. Impian menjadi penulis tidak akan terwujud jika hanya sebatas impian. Mulailah menulis sekarang juga, menulis apa saja. Cara termudah untuk memulai adalah menulislah sesuai dengan apa yang Anda ketahui. Anda bisa juga menceritakan sesuatu yang Anda alami atau Anda lihat dalam tulisan.
Menulislah setiap hari. Aturlah jadwal untuk menulis setiap hari, baik itu pagi hari, siang, maupun malam sebelum Anda tidur. Dengan membiasakan menulis setiap hari, kemampuan Anda akan terus terasah secara maksimal.
Mendulang informasi dengan membaca. Menulis tidak akan pernah terlepas dari kegiatan membaca. Dengan membaca tulisan orang lain akan membuka wawasan Anda dan juga kosa kata Anda. Pada akhirnya perbendaharaan kata dan teknik menulis Anda akan semakin sempurna. Sejalan dengan itu, Anda akan semakin dekat dengan tangga kesuksesan.
Pasang target, capai target tersebut. Langkah berikut yang harus Anda lakukan adalah memiliki target yang jelas. Setelah Anda lancar menulis, cobalah tilik majalah dan buku-buku yang sedang beredar sekarang ini. Ambil salah satu penerbit yang cocok dengan gaya dan isi tulisan Anda. Lalu buatlah target untuk mengirimkan naskah ke penerbit tersebut.
Jangan putus asa dalam penolakan. Kalau tulisan Anda ditolak penerbit, jangan langsung putus asa. Ingatlah bahwa bukan Anda saja yang menerima penolakan seperti ini. Semua penulis di dunia ini pasti pernah mengalami hal yang sama. Bahkan ada yang sampai menerima ratusan penolakan sebelum akhirnya menjadi penulis terkenal.

Biasanya penerbit akan mengirimkan kembali naskah yang ditolak beserta catatan-catatan penting. Pelajarilah naskah yang ditolak dan catatan penerbit itu. Setelah itu, perbaikilah naskah Anda dan kirim kembali. Kalau Anda tidak yakin, Anda bisa kirimkan ke penerbit lain.

Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, niscaya menulis buku tidaklah sulit. Yang terpenting harus Anda ketahui adalah apa tujuan Anda menulis buku. Menjadi kaya dari menulis buku dimulai dari satu langkah mudah. Ambil pulpen dan kertas, mulailah menulis. 

Anda boleh mempublikasikan kembali tulisan di atas pada website atau blog dengan catatan :
Anda harus mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju www.AnneAhira.comAnda tidak mengubah baik sebagian atau pun keseluruhan tulisan TERMASUK SEMUA LINK YANG ADA DI DALAM ARTIKEL harus tetap ada dan aktif.Nama "Anne Ahira" dilindungi oleh Direktorat Jendral HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Republik Indonesia No.Agenda J00-2007027969

View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar